Home > Teknologi > Sains > Benarkah Kursi Elektrik Xavier Bisa Diproduksi?

Benarkah Kursi Elektrik Xavier Bisa Diproduksi?

Bandung – Ilmuwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil melakukan eksperimen. Mereka membuat kursi roda elektrik yang berbasis sinyal otak atau electro enchepalo graphy (EEN). Nah, Kursi tersebut mirip dengan yang dipakai Profesor Xavier di film X-Men.

Benarkah Kursi Elektrik Xavier Bisa Diproduksi?

Adalah Arjon Turnip yang menciptakan penemuan tersebut. Kursi roda itu berfungsi mempermudah penyandang disabilitas dalam menggerakkan dan mengendalikan kursi roda.

Peneliti unit pelaksana teknis UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI itu menjelaskan, riset tersebut dimulai 2012. Saat itu, Arjon masih menuntut ilmu di Jepang. Dia mempelajari prinsip kerja kursi roda elektrik dengan penguat gelombang sinyal dari otak. Kemudian, sinyal tersebut diproses komputer dan diterjemahkan dalam bentuk sinyal ke motor penggerak.

Ke depan, Arjon bersama tim bakal terus memperbaharui kinerja dan akurasi kursi tersebut. Nanti, kursi itu bisa diproduksi di Indonesia. Tujuannya, membantu para penyandang disabilitas. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

Jakarta – Payudara wanita telah menjadi bagian yang pasti dilirik setiap pria. Hal ini sangatlah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis