Home > Teknologi > Sains > Benarkah Kursi Elektrik Xavier Bisa Diproduksi?

Benarkah Kursi Elektrik Xavier Bisa Diproduksi?

Bandung – Ilmuwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil melakukan eksperimen. Mereka membuat kursi roda elektrik yang berbasis sinyal otak atau electro enchepalo graphy (EEN). Nah, Kursi tersebut mirip dengan yang dipakai Profesor Xavier di film X-Men.

Benarkah Kursi Elektrik Xavier Bisa Diproduksi?

Adalah Arjon Turnip yang menciptakan penemuan tersebut. Kursi roda itu berfungsi mempermudah penyandang disabilitas dalam menggerakkan dan mengendalikan kursi roda.

Peneliti unit pelaksana teknis UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI itu menjelaskan, riset tersebut dimulai 2012. Saat itu, Arjon masih menuntut ilmu di Jepang. Dia mempelajari prinsip kerja kursi roda elektrik dengan penguat gelombang sinyal dari otak. Kemudian, sinyal tersebut diproses komputer dan diterjemahkan dalam bentuk sinyal ke motor penggerak.

Ke depan, Arjon bersama tim bakal terus memperbaharui kinerja dan akurasi kursi tersebut. Nanti, kursi itu bisa diproduksi di Indonesia. Tujuannya, membantu para penyandang disabilitas. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Jakarta – Berbagai perjalanan ruang angkasa telah dilakukan manusia. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian. ...