Home > Travel & Kuliner > Wisata > Sabar Gorky: Gede Pangrango, Lawu, dan Semeru Terkenal Kotor

Sabar Gorky: Gede Pangrango, Lawu, dan Semeru Terkenal Kotor

Jakarta – Indonesia dikenal memiliki banyak gunung. Para pendaki pun sering menyasar destinasi tersebut. Karena itu, beberapa gunung di Tanah Air pun menyandang predikat paling kotor. Ya, itu terjadi karena ulah oknum tidak beranggung jawab.

Sabar Gorky: Gede Pangrango, Lawu, dan Semeru Terkenal Kotor

Hal tersebut diungkapkan pendaki tunadaksa Sabar Gorky. ”Tiga gunung terkenal kotor. Yakni, Gunung Gede Pangrango, Lawu, dan Semeru,” katanya di HighEnd Building, Jakarta Pusat, Rabu (13/4/2016).

Menurut dia, selain sampah makanan, ada beberapa potongan kayu dan ranting. ”Rasa keperdulian terhadap kebersihan di Indonesia masih kurang. Hal tersebut harus diselesaikan. Dengan begitu, meski dilalui pendaki, keasrian gunung masih bisa dinikmati,” paparnya.

Sebenarnya, lanjut dia, masalah itu bisa diatasi dengan baik. Baik pihak pengelola pariwisata, seluruh pendaki gunung, maupun penjaja makanan. ”Jangan lupa membawa plastik berukuran besar. Ketika selesai menyantap makanan, bekas bungkusan bisa dibuang ke dalam kantong plastik. Otomatis itu tidak meninggalkan sampah di pegunungan,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Masyarakat Tidak Boleh Lagi Berwisata ke Pulau Sempu Tanpa Izin

Masyarakat Tidak Boleh Lagi Berwisata ke Pulau Sempu Tanpa Izin

Malang – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur memberlakukan larangan bagi masyarakat yang ...