Home > Ragam Berita > Nasional > Harga Solar Di Indonesia Kini Menjadi Yang Termurah No 2 Di ASEAN

Harga Solar Di Indonesia Kini Menjadi Yang Termurah No 2 Di ASEAN

Jakarta – Pemerintah Indonesia memang telah resmi menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada awal April lalu dan besaran penurunannya hanya 500 rupiah saja. Namun, hal itu sempat dikritik karena harga jual BBM itu lebih tinggi daru harga keekonomiannya yang mana memang harga minyak dunia sedang terpuruk.

Harga Solar Di Indonesia Kini Menjadi Yang Termurah No 2 Di ASEAN

Namun, Kementerian ESDM menyatakan jika harga BBM di Indonesia ini termasuk yang termurah di Kawasan ASEAN. Untuk premium, Menteri ESDM Sudirman Said mengklaim jika harga keekonomian Premium periode April-Juni sebesar Rp 5.700 per liter. Hal itu menunjukkan juka harga jual eceran saat ini lebih tinggi 11,6 persen dari harga keekonomian.

Hitungan harga keekonomian tersebut mengacu kepada dua indikator utama penentu harga BBM yaitu harga Mean of Plats Singapore (MOPS) dan juga daru nilai tukar rupiah. MOPS rata-rata tiga bulan selama Januari-Maret 2016 yang mencapai US$ 45,457 per bare, sedangkan rata-rata nilai tukar rupiah selama tiga bulan pertama tahun ini sebesar Rp 13.482 per dolar Amerika Serikat (AS).

Selain Premium, harga Solar saat ini juga lebih tinggi daripada harga keekonomiannya. Jika tanpa subsidi, harga Solar seharusnya bisa mencapai Rp 5.000 per liter. Dengan adanya subsidi, maka harga Solar bisa lebih murah yakni Rp 4.000 per liter. Sebab, nilai MOPS rata-rata tiga bulan pertama 2016 hanya US$ 39,650 per barel dan nilai tukar Rp 13.482,77 per dolar AS.

Seperti saat berbicara dalam rapat kerja bersama dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa (12/4/2016), Sudirman menyatakan bahwa alasan pemerintah tak menurunkan harga sesuai dengan harga keenomiannya adalah karnea harga BB< yang tak terlalu bergejolak dan diprediksi bakal terjadi kenaikan harga minyak dunia lagi. (Rini Masriyah - Harianindo.com)

x

Check Also

Video, Ekspresi Wajah Ahok Saat Melihat Aksi Pengendara Motor di Tong Setan

Video, Ekspresi Wajah Ahok Saat Melihat Aksi Pengendara Motor di Tong Setan

Jakarta – Ketika menghadiri pasar murah yang digelar oleh Partai Golkar, Calon Gubernur DKI Jakarta ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis