Home > Ragam Berita > Nasional > Para Guru Menilai Banyak Sinetron Tak Bermutu Di Indonesia

Para Guru Menilai Banyak Sinetron Tak Bermutu Di Indonesia

Wonosobo – Guru-guru di Wonosobo, Jawa Tengah, mengeluhkan televisi swasta yang menayangkan sinetron-sinetron yang dianggap tidak bermutu. Sinetron-sinetron tersebut juga ditayangkan ketika anak-anak usia sekolah harusnya belajar.

Para Guru Menilai Banyak Sinetron Tak Bermutu Di Indonesia

Keluhan tersebut disampaikan para guru saat melakukan dialog dengan perwakilan Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan di Wonosobo, Jumat (15/4/2016). Mereka pun meminta agar Pemerintah beraksi dengan menyetop penayangan sinetron tidak bermutu yang dipenuhi adegan di luar akal sehat.

“Sinetron yang tidak mendidik sebaiknya disetop saja penayangannya karena berpotensi merusak karakter anak-anak kita,” pinta salah seorang guru dari SD Negeri Tegalombo.

Edi Suwardi selaku Kasubdit Internalisasi Sejarah Dirjen Kebudayaan Kemendikbut pun menanggapi hal tersebut. Ia berjanji akan menyampaikannya ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Sebab, yang berwenang soal itu memang KPI.

“Ranah perizinan konten televisi memang ada di KPI Pusat. Namun kami juga selalu berusaha berkoordinasi agar televisi tidak sembarangan menayangkan acara, khususnya yang kami nilai tak memiliki unsur edukasi,” katanya.

Edi menambahkan, guna menangkal efek negatif dari televisi, Edi mengungkapkan jika pihaknya tengah gencar menguatkan karakter anak Indonesia. Salah satunya adalah melalui kegiatan persemaian budaya.

“Kami membawa misi mengenalkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia kepada generasi muda,” tuturnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...