Jakarta – PDI Perjuangan (PDI-P) tengah menggelar penjaringan cagub serta cawagub DKI Jakarta. Mereka meyakini apabila penjaringa ini akan melahirkan pesaing bagi incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

PDIP Masih Mencari Sosok Yang Pantas Menjadi Penantang Bagi Ahok

“InsyaAllah ketemu (lawan Ahok),” kata Wakil Ketua DPD PDIP DKI bidang Pemenangan Pemilu Gembong Warsono kepada awak media, Senin (18/4/2016).

Saati ini, penjaringan cagub DKI dari PDI-P masih dalam fase pendaftaran bakal cagub dan cawagub. Pendaftaran dibuka hingga 25 April 2016 mendatang. Hingga saat ini sudah 23 orang mendaftar baik sebagai cagub ataupun cawagub DKI.

“Sampai hari ini ada 23 nama yang sudah mendaftar menjadi cagub maupun cawagub DKI,” katanya.

Seleksi administrasi yang i dilanjutkan psikotes dan fit and proper test akan dilakukan setelah proses pendaftaran ditutup.

Setelah rangkaian tersebut, tahapan berikutnya adalah survei. Setelah itu calon terkuat akan ditetapkan menjadi cagub atau cawagub DKI dari PDIP.

Namun terdapat catatan khusus, yakni pada tahap penetapan cagub DKI nanti keputusan akhir ada pada DPP PDI-P. Sebenarnya secara spesifik yang berhak memberikan surat penugasan adalah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kalau kader internal yang punya kualifikasi khusus maka DPP Partai punya kewenangan untuk melakukan penugasan dan di luar itu ya melalui mekanisme ini. Penugasan nanti tergantung DPP dan surat penugasan tentu ditandatangani ketua umum,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)