Home > Ragam Berita > Internasional > Buron BLBI Ini Bakal Dipulangkan Sesuai Prosedur Tiongkok

Buron BLBI Ini Bakal Dipulangkan Sesuai Prosedur Tiongkok

Berlin – Samadikun Hartono bakal dipulangkan. Namun, pemulangan Buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) harus sesuai dengan mekanisme internasionl dan hukum Tiongkok.

Buron BLBI Ini Bakal Dipulangkan Sesuai Prosedur Tiongkok

Hal tersebut ditegaskan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso di Berlin. ”Pemulangannya berdasar mekanimse internasional dan hukum Tiongkok,” kata Sutiyoso kepada wartawan di Berlin pada Minggu malam (17/4/2016) waktu Jerman atau Senin pagi (18/4/2016).

Namun, Kementerian Luar Negeri harus lebih dulu melakukan koordinasi dengan Pemerintah China. Sebab, buronan tersebut sudah lari dari Indonesia sejak 2003.

”Ini perlu waktu tapi sudah under control,” ujar dia menanggapi pertanyaan kapan Samadikun akan dipulangkan ke Indonesia.

Menurut Sutiyoso, keberhasilan operasi penangkapan buronan BLBI ini tidak hanya melibatkan pemerintah China saja namun juga berkat kerjasama antara kepolisan dan kejaksaan yang memberi data yang cukup sehingga bisa dilacak, juga Kemenlu yang memfasilitasi selama operasi di China

Sebagaimana diketahui, Samadikun Hartono adalah mantan komisaris utama Bank Modern yang divonis empat tahun penjara karena menyalahgunakan bantuan dana BLBI. Pada waktu itu pemerintah Indonesia mengucurkan dana Rp 1,97 Triliun untuk menyelamatkan Bank Modern saat krisis di tahun 1997.

Namun oleh Samadikun sebagian dana tersebut justru digunakan untuk investasi dan membiayai perusahaan dalam kelompok usahanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Washington DC – Kepolisian Maryland mengamankan seorang remaja putri bernama Nichole Cevario (18) yang diduga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis