Home > Ragam Berita > Nasional > Htin Kyaw Lakukan Rekonsiliasi Nasional dengan Bebaskan Tahanan Politik

Htin Kyaw Lakukan Rekonsiliasi Nasional dengan Bebaskan Tahanan Politik

Yangon – Beberapa minggu lalu, Presiden Myanmar baru saja dilantik. di awal pemerintahan, dia membuat sebuah gebrakan dengan membebaskan 83 tahanan politik.

Htin Kyaw Lakukan Rekonsiliasi Nasional dengan Bebaskan Tahanan Politik

Pembebasan tahanan politik tersebbut bertujuan menyambut tahun baru Myanmar. Program tersebut juga dilakukan untuk rekonsiliasi nasional. Tujuannya demi ketenangan negara.

Jubir Kepresidenan menyebutkan bahwa kebijakan membebaskan 83 tahanan politik ini merupakan langkah awal pemerintahan sipil pertama sejak lebih dari 50 tahun terakhir dimana Myanmar selama ini dikuasai oleh pemerintahan militer.

”Semuanya ada 83 tahanan yang diberi amnesti oleh Presiden hari ini. Mereka adalah tahanan politik atau pun tahanan yang terkait dengan kasus politik,” kata Wakil Direktur Kantor Presiden Myanmar Zaw Htay pada Minggu (17/4/2016).

Mayoritas tahanan politik yang dibebaskan tersebut adalah orang-orang penggiat HAM yang dulu ditahan saat pemerintahan militer masih berkuasa di Myanmar.

Di antara mereka yang dibebaskan, ada 4 wartawan dan seorang petinggi dari koran Unity Journal, yang dijatuhi hukuman 10 tahun dan kerja paksa pada tahun 2014. Mereka dihukum karena dituduh melaporkan militer Myanmar sedang membangun sebuah pabrik senjata kimia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...