Home > Ragam Berita > Internasional > NATO Khawatir ISIS Akan Hancurkan Eropa Dengan Bom Nuklir

NATO Khawatir ISIS Akan Hancurkan Eropa Dengan Bom Nuklir

London – UE dan NATO mengungkapkan jika kekhawaitran terkait kelompok militan Islamic State (ISIS) yang tengah mempersiapkan serangan senjata biologi dan nuklir terhadap Eropa bisa saja menjadi kenyataan.

NATO Khawatir ISIS Akan Hancurkan Eropa Dengan Bom Nuklir

Pasalnya, ISIS diketahui tengah berusaha untuk mendapatkan sejumlah bahan yang dibutuhkan untuk membuat senjata biologi, kimia dan radioaktif (CBRN).

Jorge Berto Silva selaku perwakilan Komisi Uni Eropa, dalam acara Security and Counter Terror Expo di London, Inggris, mengugkapkan jika ISIS telah menunjukkan ketertarikannya terhadap senjata nuklir.

“Ada kekhawatiran mereka ingin mendapatkan CBRN,” ujar Silva, seperti dilansir Independent, Rabu (20/4/2016).

Jamie Shea selaku wakil asisten sekretaris jenderal untuk ancaman keamanan dari NATO juga menambahkan, “Kami tahu teroris sedang berusaha mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan tersebut.”

Shea mengungkapkan, terdapat dugaan ISIS sedang terpecah menjadi dua faksi. Satu faksi fokus melindungi kekhalifahan di Irak dan Suriah, sementara faksi lainnya ingin melancarkan serangan teror ke jantung Eropa.

Kekhawatiran UE dan NATO muncul usai otoritas Belgia meyakini ada banyak militan ISIS yang dikirim ke Eropa setelah terjadinya aksi teror di Brussels beberapa waktu lalu.

“Ada indikasi ISIS mengirim pejuangnya ke Eropa dan Belgia. Level ancaman teror yang saat ini ada di angka tiga belum akan turun,” kata seorang juru bicara di pusat krisis Belgia kepada Sky News. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ratu Jagal ISIS Asal Inggris Dikabarkan Tewas Terkena Bom

Ratu Jagal ISIS Asal Inggris Dikabarkan Tewas Terkena Bom

Jakarta – Sally Jones atau yang biasa dikenal sebagai ‘Ratu Jagal ISIS’ dikabarkan tewas dalam ...