Home > Ragam Berita > Nasional > Ini Alasan Menteri Tjahjo Pertimbangkan Syarat Materai Untuk Calon Independen

Ini Alasan Menteri Tjahjo Pertimbangkan Syarat Materai Untuk Calon Independen

Jakarta – Usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait penyertaan materai untuk setiap pernyataan dukungan yang ditujukan kepada bakal calon kepala daerah yang maju melalui jalur independen ditanggapi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai hal yang perlu untuk dipertimbangkan.

Ini Alasan Menteri Tjahjo Pertimbangkan Syarat Materai Untuk Calon Independen

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Rabu (20/4/2016), Tjahjo Kumolo memandang penggunaan materai dapat memperkuat legitimasi seseorang dalam memberikan dukungan kepada calon kepala daerah.

“Kalau ada meterai bisa memperkuat bahwa saya sebagai warga DKI, ber-KTP DKI, mendukung si A, lalu teken di meterai. Jadi, yang dukung juga harus tanggung jawab. Jangan sampai nanti lari dari tanggung jawab,” ujar Tjahjo Kumolo.

Mekipun layak untuk dipertimbangkan lebih lanjut, Tjahjo mengungkap bahwa saat ini hal tersebut masih sebatas usulan dari KPU dan pihaknya akan membahas bersama DPR RI. Tjahjo sendiri tidak ingin jika peraturan baru ini justru akan memberatkan calon kepala daerah.


Baca juga:

Langkah Ahok Akan Semakin Berat Jika Syarat Materai Dukungan Diberlakukan

Usulan dari KPU terkait penggunaan materai adalah UU No. 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai, dimana dalam peraturan itu disebut bahwa bea materai digunakan pada dokumen berupa surat perjanjian dan surat lainnya sebagai alat bukti. Terlepas dari isu untuk menyulitkan langkah Ahok dalam pencalonan Gubernur DKI 2017 mendatang, usulan penggunaan materai ini tidaklah mengada-ada. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolres Semarang Sindir Pihak Yang Menentang Perppu Ormas

Kapolres Semarang Sindir Pihak Yang Menentang Perppu Ormas

Semarang – Seluruh aksi dari kelompok yang menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait Organisasi ...