Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Studi, 30 Persen Orang Kesepian Beresiko Terjangkit Stroke Dan Penyakit Jantung

Studi, 30 Persen Orang Kesepian Beresiko Terjangkit Stroke Dan Penyakit Jantung

Jakarta – Beberapa kondisi seperti merokok, kurang olahraga, ataupun makan berlebihan diketahui dapat menimbulkan masalah kesehatan. Namun tahukah Anda apabila kesepian juga bisa menimbulkan masalah kesehatan?

Studi, 30 Persen Orang Kesepian Beresiko Terjangkit Stroke Dan Penyakit Jantung

Ilustrasi

Tidak main-main, kesepian ternyata dapat mendatangkan stroke dan sakit jantung!

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of York terhadap 181.000 orang selama 21 tahun menemukan, 30 persen orang yang kesepian memiliki kemungkinan terkena stroke atau penyakit jantung, dua kali lipat lebih tinggi daripada mereka yang tidak kesepian. Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Heart tersebut, kesepian erat kaitannya dengan kekebalan tubuh, tekanan darah tinggi dan kemudian kematian dini.

“Temuan utama dari review kami, bahwa individu yang terisolasi berada pada peningkatan risiko gangguan jantung dan stroke. Maka dari itu perlu dukungan lembaga kesehatan masyarakat untuk lebih peduli pada dampak dari hubungan sosial seseorang kepada kesehatannya,” ucap Dr Nicole Valtorta, dari Departement of Health Sciences, University of York, seperti dikutip dari Telegraph (Kamis, 21/4/2016).

Merasa kesepian akan mengaktifkan sinyal stres yang akhirnya memengaruhi produksi sel darah putih. Hal ini juga dapat meningkatkan aktivitas gen yang menghasilkan peradangan dalam tubuh dan akhirnya akan menurunkan aktivitas gen yang melawan penyakit, sehingga peradangan tingkat tinggi dapat terjadi di dalam tubuh.

Intinya, individu yang kesepian memiliki respons imun yang kurang efektif daripada orang yang tidak kesepian. Mereka juga merasa bahwa kehidupan sosialnya terancam dan ini berdampak besar pada kesehatan.

“Sangat penting bagi siapa saja yang terkena dampak kesepian untuk ingat bahwa mereka dapat meminta nasihat. Lalu cobalah bergabung dengan kelompok masyarakat dengan menjadi relawan, ini baik untuk mengatasi kesepian,” kata Chritoper Allen, perawat jantung senior di British Heart Foundation. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Vitamin Apakah yang Bisa Menurunkan Kolesterol ?

Vitamin Apakah yang Bisa Menurunkan Kolesterol ?

Jakarta – Kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk pada bagian jantung. ...