Home > Ragam Berita > Internasional > Simak Alasan Pebasket NBA Terkenal Ini Memilih Islam

Simak Alasan Pebasket NBA Terkenal Ini Memilih Islam

Jakarta – Meski selama 40 tahun memeluk Islam, beberapa orang masih bingung tentang pihak alasan pria berdarah Afrika ini ajaran agama Muhammad SAW sebagai jalan hidup. Ya, dia menjadi mualaf pada 1971.

Simak Alasan Pebasket NBA Terkenal Ini Memilih Islam

Keputusan Kareem Abdul Jabbar tersebut perkara ringan. Saat itu, dia sedang berada dalam puncak karir perbasketan dengan UCLA.

Selain itu, pria berusia 68 tahun saat itu merasa gundah. Hak tersebut tejadi setelah membaca the Autobiography of Malcolm X.

Menurut dia, dirinya terpukau dengan kisah Malcolm yang sadar tekah menjadi korban rasisme institusional. ”Itulah bagaimana saya merasa dipenjara oleh diri saya seharusnya,” ujar Kareem Abdul Jabbar sebagaimana dilansir aljazeera.com pada Jumat (22/4/2016).

Selain kisah Malcolm X, dia pun mengalami transformasi spiritual. Pria kelahiran Lew Alcindor, New York, tersebut keluar dari agama baptis orang tuanya. Yakni, Katolik. Kemudian, dia belajar Islam.

Menurut dia, Kristen adalah dasar bagi budaya kulit putih memperbudak orang kulit hitam. Hal tersebut pun mendukung rasisme. Akibat keputusan yang fenomenal itu, Abdul Jabbar harus menanggung konsekuensi yang tak ringan.

Hal tersebut membuatnya jauh dari keluarga, teman, dan lingkungan sosial. Orang tuanya pun tidak setuju meski keduanya tidak termasuk Katolik yang taat. Mereka kecewa.

Bagi dia, hal tersebut bukan sebuah masalah. Sebab, hatinya kini menjadi tenang. Selain itu, tidak ada kegelisahan tertentu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...