Home > Gaya Hidup > Tips > 4 Bahan Alami Penyembuh Luka

4 Bahan Alami Penyembuh Luka

Jakarta – Apabila tubuh mengalami luka, beberapa efek yang akan muncul adalah rasa sakit, bengkak, berdarah, nyeri, kemerahan, hingga gatal-gatal.

4 Bahan Alami Penyembuh Luka

Normalnya luka akan sembuh dalam waktu satu minggu, tergantung tingkat keparahannya. Berikut adalah beberapa bahan alami yang mengandung senyawa antimirkoba yang dapat menyembuhkan luka secara alami dan menghentikan infeksi seperti dilansir dari harianaceh.co.id (Sabtu, 23/4/2016):

1. Minyak kelapa

Kandungan penyembuh dan pelembab dalam minyak kelapa dapat mengobati kulit yang terluka. Oleskan minyak kelapa tipis-tipis untuk melindungi sel-sel kulit rusak dari debu, bakteri, dan virus.

2. Lidah buaya

Memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi alami. Lidah buaya terkenal sebagai bahan penyembuh masalah kulit. Lidah buaya menghidrasi kulit sehingga mempercepat proses penyembuhan. Tempelkan ekstak kulit buaya langsung ke kulit dan bilas setelah didiamkan selama 20 menit.

3. Madu

Dikutip Boldsky, madu membantu proses penyembuhan kulit yang terkelupas. Kandungan antiseptik dan antibakteri dalam madu efektif mengobati luka dan mengurangi kemungkinan munculnya bekas luka.

4. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur untuk menyembuhkan masalah kulit. Tempelkan kunyit secara langsung pada kulit dan bilas setelah mengering. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Baca9 Hal Yang Tak Boleh Di Sepelehkan Jika Ingin Mempunyai Kulit Bersih Dan Putih juga :

9 Hal Yang Tak Boleh Di Sepelehkan Jika Ingin Mempunyai Kulit Bersih Dan Putih

Jakarta – Memiliki kulit putih masih dianggap definisi dari kecantikan seseorang. Berbagai cara dilakukan untuk ...