Home > Ragam Berita > Nasional > Ketua KPU DKI Batalkan Aturan Materai Untuk Calon Independen

Ketua KPU DKI Batalkan Aturan Materai Untuk Calon Independen

Jakarta – Setelah sempat membuat geger dengan usulan rencana penggunaan materai pada setiap surat dukungan untuk calon kepala daerah independen, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI Jakarta membatalkan rencana tersebut.

Ketua KPU DKI Batalkan Aturan Materai Untuk Calon Independen

(Ketua KPU Daerah DKI Jakarta Sumarno)

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Senin (25/4/2016), kepastian dibatalkannya rencana aturan penggunaan materai pada surat dukungan terhadap calon independen diungkapkan oleh Sumarno selaku KPU Daerah DKI Jakarta.

“Tapi untuk kolektif tetap pakai ya. Penyusunan dukungan per kelurahan itu wajib dilengkapi materai. Kalau untuk perorangan tidak perlu pakai materai,” ungkap Sumarno.

Menurut Sumarno, sebenarnya rencana aturan penggunaan materai bermaksud baik dan ia pun menyayangkan kalau rencana ini justru memicu kontroversi. Persyaratan ini sebenarnya dibuat dengan tujuan sebagai opsi memudahkan para calon independen untuk mengumpulkan dukungan. Sebab selama ini bentuk dukungan disampaikan secara kolektif setiap kelurahan.

“Faktanya kan ada dukungan perorangan. Belum tentu mereka dapat menulis dukungan secara kolektif per kelurahan. Karena itu diberi opsi formulir dukungan perorangan dan agar memiliki kekuatan hukum maka perlu digunakan materai,” jelas Sumarno.

Ia pun berharap masyarakat, khususnya pendukung calon independen tidak menyudutkan KPU terkait rencana penggunaan materai. Karena pada dasarnya KPU tidak ingin memperberat calon independen. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Jakarta – Permasalahan Ormas di negara ini seperti masih hangat untuk diperbincangkan. Yang terbaru, Direktur ...