Home > Ragam Berita > Nasional > Tiga Bulan Stagnan, Semen Indonesia Bangun 2 Pabrik untuk Dongkrak Penjualan

Tiga Bulan Stagnan, Semen Indonesia Bangun 2 Pabrik untuk Dongkrak Penjualan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) tengah kini sedang melakukan penjajakan fasilitas perbankan Rp7 triliun. Tujuannya, memuluskan pembangunan pabrik di Rembang (Jawa Timur) dan Pidie (Aceh).

Tiga Bulan Stagnan, Semen Indonesia Bangun 2 Pabrik untuk Dongkrak Penjualan

”Kami undang 15 bank baik BUMN dan swasta nasional,” tutur Direktur Keuangan Ahyanizzaman di Jakarta.

Namun, pihaknya belum mau memberikan informasi tentang identitas perbankan tersebut. Selain itu, alokasi dana tersebut bertujuan menyelesaikan pembangunan pabrik semen di Rembang sekitar Rp 3 triliun dan Pidie Rp 4 triliun.

Selain itu, perseroan telah meneken persetujuan pembentukan perusahaan patungan (JV) dengan PT Samana Citra Agung. Keduanya bakal membangun pabrik di Pidie, Aceh.

Dengan berdirinya pabrik baru di Rembang dan Indarung VI, produksi Semen Indonesia sepanjang tahun ini bakal menyentuh angka 37,8 juta ton.
Sebagai informasi, penjualan Semen Indonesia stagnan selama tiga bulan pertama tahun ini. Direktur Utama Suparni pun mengakui hal tersebut. Menurut dia, stagnannya penjualan terjadi karena perusahaan baru yang bergerak di bidang semen. Selain itu, pasokan semen nasional berlebihan.

”Market share kita juga turun 1,5-2 persen karena ada pemain baru yang sudah terdaftar di asosiasi semen,” kata Suparni. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Jakarta – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Siaful Hidayat mengaku masih sering menjengung rekan ...