Home > Ragam Berita > Nasional > Puan Maharani: Nation and Character Building Sangat Diperlukan

Puan Maharani: Nation and Character Building Sangat Diperlukan

Jakarta – Usaha mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya tentang kecerdasan dalam ilmu pengetahuan. Kecerdasan dalam pengembangan kebudayaan pun termasuk. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Puan Maharani: Nation and Character Building Sangat Diperlukan

Menurut dia, hal tersebut adalah pembangunan karakter bangsa. ”Bahwa membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan, adalah pertama-tama dan pada tahap utamanya, membangun jiwa bangsa. Tentu saja keahlian adalah perlu,” kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

”Tetapi keahlian saja tanpa dilandaskan pada jiwa yang besar, tidak akan dapat mungkin mencapai tujuannya. Inilah perlunya Nation and Character Building‎,” tambahnya.

Puan menjelaskan, membangun dapat mencakup melingkupi bidang kehidupan negara dan masyarakat. Misalnya, bidang ekonomi, politik dan sosial, pendidikan dan kebudayaan, serta spiritual.

Kini pemerintah memiliki komitmen untuk menciptakan beberapa pusat pertumbuhan ekonomi baru. Yakni, pembangunan infrastruktur di darat, laut, dan udara.

”Pemerintah berkomitmen membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan, bandara, jalan tol, jalur kereta api, bendungan, pembangkit listrik yang sedang dilakukan secara masif,” kata Puan.

Agar berjalan berkesinambungan, pihaknya menegaskan harus ada pelatihan tambahan dan perhatian khusus. Hal tersebut ditujukan kepada pelajar yang mengambil bidang kejuruan. Baik tingkat sekolah menengah maupun selolah tinggi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Beredar Foto Dugaan Pertemuan Anies Dengan Bos Mayapada

Beredar Foto Dugaan Pertemuan Anies Dengan Bos Mayapada

Jakarta – Belum reda perihal permasalahan pidato Anies Baswedan, kini heboh di media sosial mengenai ...