Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Hari Ini : Buruh Cina Mulai Menyerbu Masuk Ke Indonesia

Berita Hari Ini : Buruh Cina Mulai Menyerbu Masuk Ke Indonesia

Jakarta – Pasar bebas yang berlaku di Indonesia ternyata tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa. Kondisi ini ternyata juga berdampak pada meningkatnya lalu lintas pasar tenaga kerja profesional seperti dokter, pengacara, akuntan, dan sebagainya.

Berita Hari Ini : Buruh Cina Mulai Menyerbu Masuk Ke Indonesia

Data resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) terkait perkembangan pariwisata dan transportasi nasional Desember 2015 Penduduk mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, selama tahun 2015 mencapai 10,41 juta kunjungan. Dalam hal ini penghitungan tersebut belum termasuk yang ilegal melainkan hanya menggunakan visa, bebas visa, serta kartu elektronik (Saphire, APEC Business Travel Card).

Jumlah kunjungan tersebut mengalami peningkat seesar 3,12 persen dibandingkan perolehan tahun sebelumnya. Jika dipilah, warga negara asing (WNA) tersebut berkebangsaan Singapura 20,80 persen, Malaysia 15,25 persen, Australia 10,73 persen, Tionghoa 9,26 persen, dan Jepang 4,54 persen.

Pembukaan Indonesia agar lebih mudah diakses tersebut membuat WNA asing mudah berbondong-bondong datang. Hal ini tidak diiringi dengan pengawasan di bidang imigrasi untuk menelusuri WNA ilegal.

Akibat maraknya arus tenaga kerja WNA yang bermasalah, salah satunya seperti tujuh pegawai kereta cepat dibekuk petugas Pertahanan Pangkalan (Hanlan) saat melakukan pengeboran di sekitar Lanud Halim Perdanakusuma Rabu (2/4/2016) kemarin. Lima di antara mereka merupakan warga negara (WN) China.

Dari pemeriksaan mendalam, TNI AU menyatakan aktivitas pengeboran tersebut merupakan pelanggaran hukum karena tidak mendapatkan izin. Para pekerja asing juga tidak melengkapi diri dengan identitas maupun paspor.

Anggota Komisi VIII DPR Khatibul Umam Wiranu, menyatakan bahwa pengawasan imigrasi di Indonesia memang sangat minim. oelh karena itu, menurutnya akan sulit untuk memulai memperketat jalur imigrasi.

“Ya imigrasi dari dulu kan kita lemah. Semua orang asing masuk tanpa ada pembatasan saya lihat,” kata Khatibu kepada awak media, Rabu (27/4/2016). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Tangkap 4 Tersangka Pengedar PCC Pulau Jawa

Polisi Tangkap 4 Tersangka Pengedar PCC Pulau Jawa

Jakarta – Polisi menetapkan empat orang tersangka dalam kasus peredaran Pil PCC (paracetamol, caffeine, dan ...