Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Berita Terbaru : Ternyata Kesemutan Dapat Timbulkan Kerusakan Saraf

Berita Terbaru : Ternyata Kesemutan Dapat Timbulkan Kerusakan Saraf

Jakarta – Kurang bergerak dan aktivitas berulang yang menguras energi dapat mengakibatkan kesemutan. Meski sepele, kondisi tersebut dapat menimbulkan risiko gangguan saraf. Yakni, neuropati.

Berita Terbaru : Ternyata Kesemutan Dapat Timbulkan Kerusakan Saraf

Neuropati adalah gangguan dan kerusakan saraf yang ditandai dengan gejala seperti kesemutan, kebas, dan kram. Hal tersebut diungkapkan dr Manfaluthy Hakim, SpS(K). Dia adalah ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat.

”Gaya hidup masa kini yang meningkatkan risiko neuropati adalah bekerja dengan laptop atau komputer, pekerjaan rumah tangga yang caranya salah sehingga meningkatkan risiko neuropati, kebiasaan menyetir, dan penggunaan high heels oleh wanita,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Neuropati tidak hanya disebabkan hal tersebut. Setiap orang memang bakal mengalami fungsi saraf mendapat gangguan. Selain itu, gejala tersebut memang muncul lebih dini.

Misalnya, karena komplikasi diabetes, defisiensi atau kekurangan vitamin B dari diet harian, penyakit infeksi, trauma penjepitan syaraf seperti carpal tunnel syndrom (CTS), kebiasaan minum alkohol, dan terhambatnya penyerapan vitamin B.

”Gejala neuropati menyebabkan penurunan kekuatan motorik, kemampuan merasa sehingga mudah terluka, impotensi, dan depresi. Neuropati kronik tidak bisa sembuhkan. Namun, bila masih dini atau ingin dikurangi, lakukan olahraga atau aktivitas fisik rutin dan perbaiki diet dengan menambah makanan bersumber vitamin B akan sangat membantu,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...