Home > Ragam Berita > Nasional > Tersangka Kasus Suap Andi Taufan Tiro Memiliki Kekayaan Mencapai Rp 22,9 Miliar

Tersangka Kasus Suap Andi Taufan Tiro Memiliki Kekayaan Mencapai Rp 22,9 Miliar

Jakarta – Anggota DPR dari Fraksi PAN Andi Taufan Tiro ditetapkan sebagai tersangka korupsi pengembangan penyidikan kasus suap proyek ijon infrastruktur di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tersangka Kasus Suap Andi Taufan Tiro Memiliki Kekayaan Mencapai Rp 22,9 Miliar

Berdasar laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) pada Kamis (28/4/2016), Andi terakhir kali melapor kekayaannya pada 2012. Saat itu, dia berstatus sebagai calon bupati Bone. Kala itu, kekayaan mencapai Rp 14,3 miliar dan USD 58.224.

Selain itu, Kekayaan Rp 22,986 miliar terdiri atas giro setara kas Rp 5,9 miliar. Ada juga mobil dan motor. Mulai jeep willy’s hingga pajero. Nilainya pun mencapai Rp 2,2 miliar. Harta berupa tanah dan bangunan berada di Bone, Barito selatan, Makassar, hingga Jakarta Timur. Nilainya pun Rp 12,9 miliar.

KPK menilai Andi melanggar pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

KPK pun menangkap Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IX Amran Hi Mustary. ”Keduanya diduga menerima duit dari AKH,” ujar Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2016).

Namun, Andi menampik telah mendapat uang dari Jaelani terkait dengan proyek tersebut. Dia pun mempunyai proyek di Maluku. ”Saya tidak tahu hal itu. Saya tidak pernah mendapat uang itu. Saya pun tetap sesuai dengan keterangan yang diberikan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polri Tolak Spekulasi dengan Hasil Uji Laboratorium Beras Oplosan

Polri Tolak Spekulasi dengan Hasil Uji Laboratorium Beras Oplosan

Jakarta – Tim Satgas Pangan Mabes Polri mendatangi Markas Polda Sumatera Selatan untuk melihat kasus ...