Home > Ragam Berita > Nasional > Eksekusi Terpidana Mati Kasus Narkoba Ini Ditunda Sementara

Eksekusi Terpidana Mati Kasus Narkoba Ini Ditunda Sementara

Jakarta – Mary Jane Veloso asal Filipina tidak termasuk dalam daftar terpidana mati yang dieksekusi pada gelombang ketiga. Sebab, dia masih melakoni peradilan di Filipina. Hal tersebut diungkapkan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Eksekusi Terpidana Mati Kasus Narkoba Ini Ditunda Sementara

”Kami menghormati proses hukum yang berlangsung di Filipina. Selama ini kan ada yang bilang kenapa Jaksa Agung tidak eksekusi? Ya, kita kan ada prosedurnya,” ujar Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Terpidana mati kasus narkoba tersbut sebenarnya termasuk dalam daftar eksekusi gelombang kedua pada 29 April 2015. Namun, pemerintah Filipina memerlukan kesaksian Mary saksi dalam kasus penipuan, perekrutan tenaga kerja illegal, dan pedagangan manusia. Dengan begitu, hukuman mati pun ditunda.

Jaksa Agung menginginkan hak hukum Mary Jane diberikan sebelum dieksekusi. ”Baru kami bisa meningkat ke aspek teknisnya. Yuridisnya selesaikan dulu,” kata Prasetyo.

Selama pemerintahan Presiden Jokowi telah dilaksanakan dua gelombang eksekusi terpidana mati kasus narkoba. Yang pertama pada 18 Januari 2015 dengan enam terpidana, dan yang kedua pada 29 April 2015 dengan delapan terpidana. (Tita Yanuanatari – harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Video Siswa SMA Nangis Saat Ditilang Polisi

Viral, Video Siswa SMA Nangis Saat Ditilang Polisi

Jakarta – Sebuah akun Facebook yang bernama Yuni Rusmini pada hari jumat (11/08/2017) lalu telah ...