Home > Teknologi > Sains > Ilmuwan Kembangkan Panel Matahari Bertenaga Air Hujan

Ilmuwan Kembangkan Panel Matahari Bertenaga Air Hujan

Beijing – Penggunaan pembangkit listrik tenaga matahari memang cukup menantang bagi negara yang memiliki musim berakhir karena sinar matahari tidak akan banyak hadir di sepanjang tahun. Ketika musim hujan dan cuaca mendung tentu akan menjadi kendala karena tidak akan mampu menghasilkan energi matahari untuk menciptakan energi listrik.

Ilmuwan Kembangkan Panel Matahari Bertenaga Air Hujan

Namun para ilmuwan dari Tiongkok telah menemukan solusi dari masalah tersebut. Dengan penemuan baru ini, negara-negara yang memiliki curah hujan tinggi bisa memiliki pembangkit listrik yang tetap bisa digunakan meskipun tiap hari diguyur hujan.

Menurut TechRadar, Jumat (15/4/2016), panel tenaga matahari ini multifungsi karena dapat mengumpulkan energi sinar matahari saat cuaca panas maupun saat hujan. Panel ini menggunakan lapisan grafin sangat tipis untuk menampung energi dari air hujan yang kemudian bisa digunakan menghasilkan energi listrik.

Namun panel matahari ini masih memiliki kelemahan. Jika panel matahari mampu menghasilkan 22 persen energi dari sinar matahari yang dikumpulkan, panel ini hanya mampu mengkonversi 6.5 persen saja dari energi hujan yang didapat. Apabila panel matahari ini bisa lebih efisien tentu akan menjadi alternatif yang baik dibanding menggunakan panel solar pada umumnya. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Jakarta – Melakukan perjalan ke luar angkasa mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tak hanya ...