Home > Ragam Berita > Nasional > 20 Ribu Buruh Siap Gelar Aksi Di Jakarta Saat May Day

20 Ribu Buruh Siap Gelar Aksi Di Jakarta Saat May Day

Jakarta – Sekitar 20 ribu buruh dari Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan berbondong-bondong menuju Jakarta untuk merayakan Hari Buruh Nasional atau May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei esok.

20 Ribu Buruh Siap Gelar Aksi Di Jakarta Saat May Day

(Foto: Perayaan Hari Buruh Nasional 2015)

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Sabtu (30/4/2016), jumlah tersebut bisa lebih banyak karena belum semua serikat pekerja di Kabupaten Bekasi mengkonfirmasi jumlah anggota mereka yang ikut bertolak menuju Jakarta.

“Perayaan akan dipusatkan di Jakarta. Besok buruh dari Bekasi akan berangkat ke Jakarta menggunakan bus via jalan tol, sementara konvoi kendaraan roda dua melalui jalur arteri,” ungkap Obon Tabroni selaku Ketua Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia , Jumat (29/4) kemarin.

Obun menambahkan, jika melihat data serikat, jumlah buruh di Kabupaten Bekasi mencapai 500 ribu, yang tersebar di lebih dari 4.000 perusahaan.

Pada perayaan Hari Buruh Nasional besok, buruh akan kembali menyuarakan perihal upah murah yang selama ini dianggap kurang layak. Metode pemberian upah buruh di Indonesia berbeda jauh dari luar negeri, yakni dengan nogosiasi, bukan hanya dari peraturan pemerintah.

Selain itu para buruh juga akan menuntut pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015, dan jaminan kesehatan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Setnov Dikabarkan Bakal Didampingi Puluhan Kuasa Hukum di Sidang Perdana

Setnov Dikabarkan Bakal Didampingi Puluhan Kuasa Hukum di Sidang Perdana

Jakarta – Penasehat Hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail, menyatakan kliennya akan didampingi sedikitnya 20 penasehat ...