Home > Teknologi > Intel Ingin Ganti Jack Audio 3.5 mm dengan USB Type C

Intel Ingin Ganti Jack Audio 3.5 mm dengan USB Type C

Santa Clara – Intel dikabarkan akan menghadirkan upgrade standar USB Type C untuk memperluas fungsi konektor tersebut. Salah satu fungsi yang akan ditambahkan adalah dukungan untuk input/output audio. Mereka ingin mengganti port audio 3.5 mm yang merupakan standar di berbagai perangkat yang ada saat ini dengan USB Type C.

Intel Ingin Ganti Jack Audio 3.5 mm dengan USB Type C

Menurut laporan ExtremTech, Jumat (29/4/2016), Intel ingin menambahkan dukungan audio in/out dengan USB Type C adalah karena industri mulai menginginkan input dan output digital untuk audio. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan tetap mempertahankan kesederahanaan desain perangkat, Intel menawarkan audio in/out melalui USB Type C.

Audio in/out dari USB Type C sejauh ini masih dalam tahap pengembangan dan Intel masih belum mengumumkan spesifikasi pasti terkait standar ini. Namun standar ini nampaknya bisa digunakan bersamaan dengan berbagai hal lain, termasuk untuk transfer data atau pengisisan ulang daya perangkat, seperti yang umum dijumpai pada penggunaan USB Type C lain. Bila standar ini diterapkan, maka perangkat smartphone, tablet, dan laptop di masa depan tidak lagi menggunakan jack audio 3.5 mm.

Selain Intel, Apple dikabarkan juga berminat mengganti jack audio 3.5 mm dengan standar lain, yaitu Lightning. Pengamat memprediksi bahwa Apple akan melakukannya pada iPhone generasi berikutnya. Audio melalui Lightnig akan diakomodasi oelh headset khusus yang mengikuti standar MFI (Made-for-iPhone/iPad/iPod) terbaru. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...