Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Imbau Para Pedagang Harus Turunkan Harga Sembako

Jokowi Imbau Para Pedagang Harus Turunkan Harga Sembako

Jakarta – Belum lama ini, Presiden Jokowi mengimbau seluruh pedagang menurunkan harga bahan pokok. Hal tersebut harus dilakukan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Jokowi Imbau Para Pedagang Harus Turunkan Harga Sembako

Ketua Asosiasi Petani Bawang Merah Jawa Timur Akad menyatakan, panen bawang merah bakal terjadi dalam jumlah besar. Hal itu tejadi pada Juni.

Dengan demikian, harga bawang merah di pasaran dipastikan turun hingga Rp 25.000 per kg. Itu mulai akhir Juni dan Juli. Penurunan tersebut bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

”Akhir Juni dan Juli harga bawang merah di pasaran bisa Rp 25.000/kg, ada panen bulan Juni,” kata Akad pada Sabtu (30/4/2016).

Namun, Akad menggaris bawahi, panen yang melimpah di bulan Juni dan Juli. Apabila pihak pemerintah tidak mengimpor bawang merah. Sebab, masuknya bawang merah impor akan menurunkan harga bawang merah lokal, sehingga petani tak bersemangat menanam, produksi dari dalam negeri pun akan jatuh.

Sementara itu, Veni, salah satu pedagang bawang merah yang ditemui sisi dunia di Pasar Induk Kramat Jati mengungkapkan bahwa harga bawang merah saat ini sudah mulai turun dibanding pekan lalu. Sebab, ada tambahan pasokan dari panen di Brebes.

Harga bawang merah yang dijualnya saat ini berkisar antara Rp 25.000-36.000/kg, seminggu lalu masih Rp 27.000-38.000/kg. ”Murah, ini turun dari minggu lalu,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

PKB Jakarta Akan Segera Putuskan Dukungannya Pada Pilkada DKI Putaran Kedua

PKB Jakarta Akan Segera Putuskan Dukungannya Pada Pilkada DKI Putaran Kedua

Jakarta – Meski masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua sudah setengah jalan namun ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis