Home > Ragam Berita > Internasional > Karena Ada Perayaan Paskah, Otoritas Israel Larang Warga Gaza Masuk Masjid Al Aqsa

Karena Ada Perayaan Paskah, Otoritas Israel Larang Warga Gaza Masuk Masjid Al Aqsa

Yerusalem – Israel kembali merilis pengumuman. Isinya, warga gaza dilarang memasuki Masjid Al Aqsa.

Karena Ada Perayaan Paskah, Otoritas Israel Larang Warga Gaza Masuk Masjid Al Aqsa

Namun, ada sedikit kelonggaran. Otoritas Israel hanya mengizinkan warga Gaza berumur di atas 60 tahun melaksanakan ibadah di Masjid Al Aqsa. Ya, itu hanya sekali dalam seminggu. Yakni, setiap Salat Jumat.

”Larangan perjalanan keluar dari wilayah Gaza diterapkan pada 200 warga Palestina di atas usia 60 yang biasanya diizinkan untuk menyeberang melalui persimpangan Erez untuk berdoa di tempat suci,” kata seorang sumber militer Palestina sebagaimana diberitakan Maan News pada Jumat (29/4/2016).

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Pertahanan Israel Arielle Heffez membenarkan pelarangan tersebut. Sebab, ada perayaan paskah umat Yahudi sepanjang pekan ini.

”Semua pergerakan melalui dua penyeberangan operasi antara Gaza dan Israel akan ditutup karena adanya perayaan Paskah, dengan pengecualian untuk keadaan darurat kemanusiaan,” ucap Heffez.

Sebagaimana diketahui, di kompleks masjid Al Aqsa atau yang juga disebut sebagai Temple Mount terdapat tiga tempat suci bagi tiga agama yang berbeda , yaitu Masjid Al Aqsa, Gereja Makam Kudus, dan Tembok Ratapan. Namun karena ini adalah hari perayaan agama Yahudi, maka ada keistimewaan yang diterapkan Israel. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...