Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Jakarta – Mata adalah salah satu organ terpenting bagi manusia untuk melakukan aktivitasnya. Seringkali perlindungan terhadap mata menjadi hal yang diabaikan semua orang.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keshatan mata seperti dilansir dari vemale.com (Sabtu, 30/4/2016):

1. Periksakan mata Anda setiap satu tahun sekali ke dokter mata

Kondisi mata dapat selalu berubah. Hal ini karena mata selalu menerima hal yang baru setiap hari. Kondisi lingkungan kemudian mempengaruhi keadaan dan kesehatan mata Anda.

Anda tidak bisa mengetahui kesehatan mata dengan memeriksa sendiri. Butuh alat khusus untuk melihat kesehatan mata. Saran terbaik untuk Anda adalah selalu rutin memeriksakannya ke dokter mata setiap satu tahun sekali. Anda tidak ingin mata Anda sakit bukan?

2. Belilah lensa kontak yang terbaik kualitasnya

Memilih lensa kontak butuh ketelitian. Jangan hanya merk yang terkenal atau pilih yang harganya terjangkau saja. Pilih yang terbaik untuk mata Anda.

Lensa kontak berhubungan langsung dengan mata, jadi harus lebih berhati-hati memilih lensa kontak ketimbang kacamata biasa. Pilih warna terbaik yang cocok untuk mata Anda. Namun tetap jangan abaikan kualitasnya.

3. Selalu gunakan kacamata UV di bawah terik matahari

Matahari tidak hanya jahat pada kulit Anda. Mata juga tidak boleh terkena sinar secara langsung. Itu apabila Anda memang menyayangi mata Anda. Karena radiasi sinar UV akan memberi efek buruk pada mata.

Coba gunakan kacamata anti UV agar mata Anda terhindar dari sinar matahari langsung. Terutama apabila Anda berkegiatan di luar ruangan. Pilih saja kacamata yang sesuai dengan tren fashion. Mata sehat, tetapi tetap bisa bergaya.

4. Makan suplemen atau makanan yang baik untuk mata

Ingin mata sehat jangan lupa konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin A, C, E, Folic Acid, Selenium dan Zinc. Semua makanan dan suplemen tersebut mampu menghambat faktor-faktor penuaan yang juga mempengaruhi kinerja mata.

5. Atur lampu Anda saat sedang membaca atau bekerja di depan komputer

Lampu Anda berpengaruh bagi kesehatan mata Anda. Kondisikan lampu Anda agar sesuai dengan kenyamanan mata Anda ketika sedang membaca atau bekerja di depan komputer.

Kondisi gelap dan remang-remang sangat buruk bagi Anda. Mempercepat kerusakan mata. Terlalu terang juga tidak baik, karena membuat mata silau dan cepat lelah. Oleh karena itu atur saja lampu Anda, tidak terlalu gelap atau terang. Yang penting cukup untuk membantu Anda melihat dengan kondisi terbaik.

6. Berikan waktu istirahat yang cukup untuk mata Anda

Mata Anda butuh istirahat yang cukup, seperti anggota badan Anda yang lain. Jadi ketika Anda tidur, gunakan lampu tidur. Atau matikan saja lampu Anda. Akan lebih baik apabila mata Anda yang sudah lelah seharian berada di dalam kondisi yang gelap. Akan membuat mata Anda lebih rileks dan segar keesokan paginya.

7. Ganti lensa kontak Anda sesuai waktu yang dianjurkan

Setiap lensa kontak memiliki masa pakai. Hindari penggunaan terlalu lama. Lepas apabila Anda tidak membutuhkannya, atau ketika Anda bersantai di rumah.

Waktu pemakaian normalnya adalah 12 jam dalam sehari. Selebihnya jangan memaksa mata Anda bekerja terlalu keras dengan lensa kontak. Dan jangan lupa, cek expired date-nya. Jangan memaksa menggunakannya, karena ada batas waktu pemakaian yang telah ditentukan. Ganti baru setiap satu bulan sekali.

8. Rajinlah membersihkan lensa kontak Anda

Debu dan partikel lain akan menempel di lensa kontak, oleh karena itu harus rajin membersihkannya dengan cairan khusus. Agar terjaga sanitasinya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Depresi Ternyata Bisa Disebabkan Faktor Genetik

Jakarta – Penelitian dari University of Central Florida menemukan jika variasi gen, yang terdapat pada ...