Home > Teknologi > Sains > Berita Sains : Prototipe Rover Mars Bakal Dikendalikan Astronot Inggris

Berita Sains : Prototipe Rover Mars Bakal Dikendalikan Astronot Inggris

London – Rover Mars tidak lama lagi bakal disetir Tim Peake, tim astronot asal Inggris. Rover itu kini masih diuji. Peake bakal mengendalikannya dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Berita Sains : Prototipe Rover Mars Bakal Dikendalikan Astronot Inggris

Sebagaimana diberitakan BBC pada Senin (2/5/2016), robot rover tersebut akan diuji di tanjung berpasir raksasa di Stevenage. Tujuannya, melakukan simulasi di permukaan Planet Merah. Itu adalah proyek Agensi Antariksa Eropa (ESA).

Selain itu, program tersebut dikenal sebagai Meteron (Multi-Purpose End-To-End Robotic Operation Network). Program tersebut dilihat awak ISS Andreas Mogensen Denmark yang mendapatkan robot di Bumi untuk menempatkan pasak dalam serangkaian lubang. Peake pun bertugas membuat strategi untuk mengendarai rover prototipe tersebut.

Rovers dan orang-orang yang bakal berkunjung di masa mendatangakan memangkai tingkat otonomi tinggi. Setelah diperintahkan pergi ke lokasi, kendaraan bakal mendeteksi lingkungan. Dia pun menghitung rute yang paling efisien. Namun, itu merupakan gerakan yang sangat lambat. Denga begitu, astronot diharapkan dapat membantu robot di permukaan untuk menginvestigasi lokasi teknisi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ini Dia Gejala Seseorang Akan Meninggal Menurut Ilmuwan

Ini Dia Gejala Seseorang Akan Meninggal Menurut Ilmuwan

Jakarta – Hingga saat ini misteri terkait peristiwa yang dirasakan seseorang yang akan mendekati ajalnya ...