Home > Ragam Berita > Nasional > Bolaang Mongondow Diguncang Gempa 5,1 SR, Potensi Tsunami Tidak Ada

Bolaang Mongondow Diguncang Gempa 5,1 SR, Potensi Tsunami Tidak Ada

Bolaang Mongondow – Gempa melanda daerah di Sulawesi Utara. Tepatnya di Bolaang Mongondow. Namun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan bahwa gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter tersebut tidak akan berdampak tsunami.

Bolaang Mongondow Diguncang Gempa 5,1 SR, Potensi Tsunami Tidak Ada

”Tidak ada potensi tsunami. Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan merasakan gempa pun telah melemah sekitar 2 detik,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta pada Kamis malam (5/5/2016).

Dia menjelaskan, getaran gempa sangat lemah. Warga di sekitar lokasi pun hanya merasakannya sekitar dua detik. Kini kondisi di Bolaang Mongondow Selatan sudah stabil. Selain itu, masyarakat tidak panik.

”Kondisinya kini sudah aman terkendali,” kata Sutopo.

Sementara itu, berdasar informasi, pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 109 kilometer. Jaraknya pun mencapai 56 kilometer di barat daya Bolaang Mongondow Selatan. Titik koordinat gempa adalah 0.10 Lintang Selatan dan 123.78 Bujur Timur.

Hingga kini, BNPB pun memberikan laporan adanya kerusakan permukiman warga, fasilitas umum, dan korban. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Bakal Segera Lakukan Pemeriksaan Terhadap Sandiaga

Polisi Bakal Segera Lakukan Pemeriksaan Terhadap Sandiaga

Jakarta – Polisi kemungkinan memeriksa Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno setelah selesai meminta keterangan rekan ...