Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Jakarta – Gusi bengkak adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang sangat mengganggu. Gusi bengkak disebabkan oleh berbagai macam hal seperti gingivitis, kekurangan gizi, atau infeksi mulut.

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa pengobatan alami yang ampuh untuk mengurangi sakit gusi seperti dilansir dari metrotvnews.com (Minggu, 8/5/2016):

1. Kumur air garam

Air garam memiliki khasiat yang besar dalam hal masalah kesehatan mulut. Berkumur air garam dapat mencegah infeksi penyebab gusi bengkak.

2. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol yang kaya antioksidan dan anti-inflamasi, yang sangat efektif dalam mengurangi pembengkakan.

3. Kulit pohon pilang

Berkumur dengan air rebusan kulit batang pilang 2-3 kali sehari dapat mengobati pembengkakan gusi.

4. Minyak jarak

Kandungan anti-inflamasi dalam minyak jarak dapat menjadi obat alami dalam mengatasi pembengkakan gusi. Oleskan pada bagian yang bengkak untuk mengurangi rasa sakit yang terus berdenyut.

5. Jahe

Ramuan lawas ini manjur menyembuhkan gusi bengkak karena memiliki kandungan inflamasi dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut.

6. Air lemon

Efek alkalisi lemon membuat bakteri sulit bertahan hidup dalam mulut. Berkumurlah dengan air lemon setiap pagi untuk menghilangkan gusi bengkak.

7. Lidah buaya

Lendir lidah buaya yang mengandung antibakteria dan antijamur efektif mengatasi masalah kesehatan gusi.

8. Minyak sawi

Minyak sawi memiliki kandungan antimikroba yang dapat mengobati peradangan dan mengobati gusi bengkak. Campurkan dengan sedikit air garam dan oleskan pada bagian gusi yang bengkak. Ulangi secara rutin untuk menghilangkan infeksi.

9. Peroksida hidrogen

Obat yang tersedia di berbagai toko obat lokal ini mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman dan mencegah infeksi. Gunakan obat ini dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan gusi.

10. Minyak teh

Memijat gusi bengkak secara perlahan dengan minyak dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat gusi bengkak tanpa menimbulkan efek samping. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Video, Begini Cara Mengambil Bongkahan Emas Dari Rongsokan Komputer Bekas

Video, Begini Cara Mengambil Bongkahan Emas Dari Rongsokan Komputer Bekas

Jakarta – Apabila Anda memiliki stok komputer bekas yang sudah tidak terpakai di rumah, jangan ...