Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 12 Alasan Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur daripada Pria

12 Alasan Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur daripada Pria

Jakarta – Ada sebuah mitos yang menyebutkan jika wanita dapat hidup lebih lama 5-6 tahun daripada pria. Faktanya, dari 34 orang yang hidup dengan usia terlama, hanya dua di antaranya yang memiliki jenis kelamin laki-laki.

12 Alasan Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur daripada Pria

Apakah penyebabnya? Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Minggu, 8/5/2016):

1. Pertumbuhan janin yang lebih baik

Janin perempuan memiliki sistem pertumbuhan dan kekebalan lebih baik sehingga membuat kematangan fisik penuh saat kelahiran. Sementara, pada laki-laki, kematangan fisik terus berlanjut, meskipun telah dilahirkan. Hal itu membuat mereka rentan terhadap penyakit.

2. Seleksi natural

Wanita secara biologis terprogram untuk hidup lebih lama karena mereka memproduksi dan mempertahankan genom manusia.

3. Perawat alami

Perawat memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi daripada yang lain. Wanita secara genetik adalah perawat manusia.

4. Berbeda kromosom

Wanita memiliki telomere (bagian dalam kromosom yang berfungsi untuk melindungi) yang lebih panjang daripada pria. Telomere membantu sel beregenerasi dan berfungsi sebagai anti-penuaan pada sel.

5. Perubahan hormonal bertahap

Sepanjang hidup, wanita memiliki perbedaan tingkat hormon yang membantu mengoptimalkan kesehatan. Misalnya, setelah melahirkan, wanita memproduksi lebih banyak tiroksin untuk meningkatkan imunitas.

6. Rawan penyakit jantung

Tubuh wanita melepaskan hormon estrogen, hormon seks utama pada tubuh. Estrogen menjaga arteri dan pembuluh darah tetap bersih, kenyal, dan kuat, sehingga mencegah timbulnya penyakit yang berhubungan dengan jantung. Sebaliknya pada pria, fungsi estrogen tidak sebanyak wanita.

7. Jaringan sosial yang kuat

Para peneliti mengungkapkan bahwa memiliki jaringan sosial yang bagus dapat mengurangi kemungkinan kematian hampir sebesar 50 persen. Wanita lebih senang bersosialisasi dibandingkan pria dan memiliki lebih banyak teman sehingga kesempatan hidup mereka lebih besar.

8. Gaya hidup yang tidak berisiko

Otak bagian depan (frontal lobe) perempuan lebih berkembang daripada pria sehingga lebih bijak dan matang dalam mengambil keputusan. Terutama dalam hal kesehatan.

9. Jarang merokok

Rata-rata populasi wanita lebih jarang merokok dibanding pria. Semakin sedikit nikotin yang dikonsumsi, semakin besar kesempatan hidup seseorang.

10. Lebih sering berkunjung ke dokter

Rata-rata wanita lebih sering mengunjungi dokter dibandingkan pria. Dengan demikian, wanita lebih memerhatikan kesehatan mereka sehingga angka kehidupan pun lebih tinggi.

11. Lebih banyak bergerak

Setelah bekerja di kantor seharian, wanita masih harus mengurus rumah yang artinya lebih banyak gerakan dilakukan daripada pria. Hal tersebut memberi keuntungan dalam hal angka harapan hidup.

12. Lebih sedikit tekanan

Wanita memiliki antioksidan alami dalam tubuh yang mampu mengurangi stres. Sementara, rata-rata pria memiliki tingkat stres lebih besar, meskipun menghadapi situasi yang sama. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Turunkan Berat Badan ? Coba Konsumsi Makanan Tak Populer Ini

Ingin Turunkan Berat Badan ? Coba Konsumsi Makanan Tak Populer Ini

Jakarta – Banyak sekali orang diluar sana terutama wanita memiliki masalah dengan berat badan berlebih. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis