Home > Ragam Berita > Nasional > Fahira Idris Nilai Perlindungan Kekerasan Terhadap Anak-Anak Masih Parsial

Fahira Idris Nilai Perlindungan Kekerasan Terhadap Anak-Anak Masih Parsial

Jakarta – Beberapa waktu lalu, pemerkosaan dan pembunuhan Yuyun terjadi. Kejadian tersebut pun menyita perharian. Wakil Ketua Komite III DPD Fahira Idris pun angkat bicara.

Fahira Idris Nilai Perlindungan Kekerasan Terhadap Anak-Anak Masih Parsial

Dia menjelaskan, kekerasan seksual kini sedang meningkat. Selama lima tahun terakhir, ada 21,6 juta kasus yang menyeret anak-anak sebagai korban. Sebanyak 58 persen dari kasus tersebut merupakan kekerasan seksual. Sisanya adalah penelantaran, penculikan, dan eksploitasi anak.

”Perlindungan anak hingga kini belum punya sistem yang komprehensif,” ujar Fahira melalui akun Twitter @Fahiraidris pada Minggu (8/5/2016).
Menurut senator asal Jakarta tersebut, perlindungan dan pencegahan kekerasan terhadap anak-anak di tanah air dirasa masih parsial. Selain itu, semuanya cenderung melemah lantaran belum adanya anggaran. Komitmen penegakan hukum pun dinilai dianggap masih rendah.

”Walau Indonesia sudah 13 tahun punya UU Perlindungan Anak, masih ada orang tua yang tidak mengetahui peraturan tersebut,” tambahnya.
Fahira menambahkan, pada Hari Anak Nasional tahun lalu, Presiden tidak memberikan terobosan tentang perlindungan terhadap mereka. Memang, saat itu, orang nomor satu di Indonesia tersebut membenarkan bahwa angka kekerasan anak makin meningkat.

”Perlindungan anak di Indonesia tampak terarah dan terkomando,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianidno.com)

x

Check Also

Anies Pastikan Tanggul Yang Jebol Mulai Diperbaiki

Anies Pastikan Tanggul Yang Jebol Mulai Diperbaiki

Jakarta – Mengenai jebolnya tanggul Jatipadang, kali ini Anies Baswedan mengatakan bahwa tanggul yang terletak ...