Home > Ragam Berita > Internasional > AS Tingkatkan Serangan Udara Terhadap Al Qaida di Dekat Yaman

AS Tingkatkan Serangan Udara Terhadap Al Qaida di Dekat Yaman

Washington – Pihak pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya mengakui bahwa mereka telah mengerahkan pasukan militer ke Yaman. Pengarahan pasukan ke Yaman ini telah dilakukan lebih dari satu tahun semenjak ditariknya intervensi militer oleh koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi.

AS Tingkatkan Serangan Udara Terhadap Al Qaida di Dekat Yaman

Kelompok militant Al Qaida memanfaatkan Lemahnya tingkat keamanan akibat perang antara loyalis Pemerintah Abd-Rabbu Mansour Hadi dan pemberontak Syiah Houti untuk meningkatkan eksistensinya di Semenanjung Arab (AQAP).

Jeff Davis, sebagai juru bicara Pentagon mengemukakan bahwa militer AS telah meningkatkan serangan udara terhadap para militan Al Qaida dekat daerah konflik di Yaman. Demikian sebagaimana dikutip dari Aljazeera, Minggu (8/5/2016).

Davis mengakui dalam beberapa pecan terakhir, terdapat sejumlah kecil personil AS yang bekerja di tempat tertentu dengan para pasukan koalisi Arab Saudi dan Yaman khususnya pasukan Uni Emirat Arab (UEA) di sekitar Mukalla dekat kota pelabuhan yang dikuasai oleh militan Al Qaida.
Menurut Davis, pasukan AS bertujuan untuk membantu pasukan UEA dalam konteks bantuan intelijen. Taakan tetapi Davis menyangkal bahwa pasukan AS di Yaman adalah pasukan operasi khusus.

x

Check Also

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Gaza – Dikala dunia matanya teralihkan oleh pernyataan Donald Trump mengenai Yerusalem, pada Sabtu dini ...