Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri Tjahjo : “Perekat Bangsa Kita Memang Pancasila, Bukan Agama”

Menteri Tjahjo : “Perekat Bangsa Kita Memang Pancasila, Bukan Agama”

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumol mengaku gerah dengan salah satu ormas yang menurutnya anti dengan Pancasila. Tjahko Kumolo pun mengatakan jika Pemerintah akan merumuskan regulasi untuk menghentikan sepak terjang ormas tersebut. Sayangnya, ia enggan untuk menyebut nama ormas tersebut.

Menteri Tjahjo : "Perekat Bangsa Kita Memang Pancasila, Bukan Agama"

“Saya enggak bisa sebut, tapi ada lah. Ada organisasi yang cukup besar yang terang-terangan anti Pancasila,” kata Tjahjo seusai menghadiri acara Rembuk Nasional yang digelar Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) di Kantor Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Senin (9/5/2016).

Tjahjo menambahkan, payung hukum pelarangan tengah disiapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Mabes Polri, dan Kejaksaan Agung (Kejagung). Aturan itu, kata Tjahjo, nantinya akan menjadi pegangan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

“Supaya Pak Bupati, Pak Kapolres, Dandim enggak binggung. Sudah ada rapat antara Kemdagri, Kejaksaan Agung dan Mabes Polri. Nanti akan ada aturan, entah siapa yang akan mengeluarkan apakah Kemdagri, Kejaksaan Agung atau Mabes Polri,” ujarnya.

Secara prinsip Tjahjo menegaskan apabila Pemerintah tidak ingin terjebak dalam masalah toleransi.

Kadang kan ada yang berlindung di soal toleransi. Enggak bisa dong. Kalau sudah menghujat Pancasila,” tegasnya.

“Perekat bangsa kita. Memang Pancasila bukan agama, tapi Pancasila perekat semua kelompok serta budaya yang ada,” ujar Tjahjo.

“Karena itu, kalau ada ormas yang terang-terangan menentang Pancasila, anti Pancasila, ini bahaya,” tutupnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Mensos Imbau Kader NU Bisa Menghargai Perbedaan Pilhan saat Pilgub

Mensos Imbau Kader NU Bisa Menghargai Perbedaan Pilhan saat Pilgub

Jakarta – Kader Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial, Khofifah Indar ...