Home > Gaya Hidup > Tips > Kulit Gatal? Coba 10 Bahan Alami Ini

Kulit Gatal? Coba 10 Bahan Alami Ini

Jakarta – Apabila Anda sering melakukan kegiatan di luar rumah, tidak jarang kulit menjadi gatal karena gigitan serangga.

Kulit Gatal? Coba 10 Bahan Alami Ini

Seperti dilansir dari metrotvnews.com (Senin, 9/5/2016), seorang naturopati dan herbalis klinis bernama Nate Petly mengungkapkan bahwa ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat nyamuk hitam. Apa sajakah?

1. Minyak esensial lavender
Untuk pengobatan cepat, gunakanlah minyak esensial lavender yang dapat mengobati sengatan, goresan, luka bakar, dan tanaman merambat yang beracun. Kandungan linalool dan asetat linalyl yang terdapat di dalamnya mengurangi inflamasi, luka, dan gatal. Selain itu, bahan alami ini dapat digunakan untuk pelapis selama masa penyembuhan karena bersifat antimikroba.

2. Witch hazel
Tanaman herbal ini dapat mengurangi peradangan kulit, membunuh bakteri, dan menyembuhkan luka lebih cepat dengan cara mengoleskannya pada bagian yang bermasalah.

3. Garam Inggris
Mencampurkan air dengan garam Inggris saat mandi adalah cara yang tepat agar luka bekas gigitan serangga cepat sembuh. Garam Inggris mengurangi pembengkakan sehingga kulit tidak terasa teralu gatal lagi karena mencegah tubuh memproduksi histamin pemicu rasa gatal.

4. Oatmeal
Mandi oatmeal juga dapat menenangkan kulit yang meradang.

5. Cuka apel dan cuka putih
Banyak orang percaya cuka apel dan cuka putih dapat menyembuhkan sakit akibat gigitan serangga. Menurut Petly, kandungan antibakteri dan antihistamin yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan rasa gatal dan menyembuhkan sengatan binatang meskipun awalnya terasa perih.

6. Daun pisang raja
Daun pisang raja yang biasa ditenukan di belakang halaman rumah dapat menyembuhkan bekas gigitan serangga karen amampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di kulit. Cukup bungkus darah yang luka dengan kulit pisang dan gosok perlahan.

7. Bawang
Gosokkan bawang pada bagian yang digigit serangga tau luka yang terbuka.

“Bawang mengandung kuersetin yang berperan sebagai anti-radang segungga memecah histimin,” jelasnya.

Namun, pengobatan ini membutuhkan jangka waktu yang panjang.

8. Lumpur
Bahan satu ini memang jarang ditemui, kecuali saat Anda mendaki gunung. Namun, lumpur dapat mendinginkan bekas gigitan dang mengurangi peradangan, bahkan mencegah Anda terkena gigitan lagi.

9. Madu
Meskipun memiliki kandungan anti-bakteri, penggunaan madu saat berada di luar ruangan tidak disarankan karena rasanya yang manis justru mengundang serangga.

10. Kulit pisang
Kulit pisang memang dapat membuat Anda lega setelah menggosokkannya pada bagian yang gatal karena digigt serangga, namun bahan alami ini sulit dicari saat Anda berpergian. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sering Merasa Stres? Coba Konsumsi Makanan Ini

Sering Merasa Stres? Coba Konsumsi Makanan Ini

Jakarta – Stres merupakan masalah yangs sering dialami oleh sebagian besar orang. Entah akibat padatnya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis