Home > Gaya Hidup > Tips > 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merawat Bayi

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merawat Bayi

Jakarta – Mengurus anak bayi yang baru saja dilahirkan memang bukan perkara mudah. Banyak hal yang dianggap normal oleh orang awam, namun ternyata berdampak tidak baik.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merawat Bayi

Berikut 7 hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama ketika merawat si kecil seperti dilansir dari metrotvnews.com (Senin, 9/5/2016):

1. Banyak orang tua menggoyangkan bayi dengan tenaga kuat agar bayi tenang dan berhenti menangis. Hal ini cukup berbahaya karena dapat merusak organ internal bayi yang halus. Goyanglah tubuh mungil mereka dengan lembut.

2. Para ahli mengungkapkan bahwa pemberhentian ASI secara dini dapat membuat bayi menjadi malnutrisi dan timbul masalah pencernaan. Meskipun didukung asupan gizi dari luar, ASI adalah makanan terbaik bagi bayi.

3. Kebanyakan ibu lupa mengambil botol susu dari mulut bayi hingga si bayi tertidur. Hal tersebut dapat membuat bayi tersedak tanpa disadari.

4. Menurut para ahli, bayi berusia di bawah enam bulan tidak disarankan untuk diberi banyak minum air karena hal tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan menguras kadar natrium yang berkembang dalam tubuh.

5. Hindari membaringkan bayu dengan posisi perut di bawah atau di samping karena hal tersebut dapat menghalangi jalannya udara sehngga terjadi komplikasi kesehatan yang fatal. Baringkan mereka secara normal dengan posisi perut di atas.

6. Pada usia awal bulan, bayi tidak disarankan menggunakan bantal saat berbaring karena tulang leher dan tulang belakang bayi masih lentur dan ketinggian dapat menyebabkan keseleo atau penyumbatan saluran pernapasan,

7. Kebanyakan orang tua membiarkan bayi mereka menangis terus-menerus karena berpikir itu adalah hal yang normal. Namun, ternyata para ahli menyatakan bahwa kebiasaan itu dapat menginduksi trauma mental pada anak, bahkan tuli. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Jakarta – Menurut studi yang dirilis pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, pria yang ...