Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mengapa Jalan Kaki Setiap Hari Penting?

Mengapa Jalan Kaki Setiap Hari Penting?

Jakarta – Salah satu jenis olahraga yang paling ringan adalah berjalan kaki. Sayangnya tidak banyak orang menyadari betapa pentingnya melakukan jalan kaki setiap harinya.

Mengapa Jalan Kaki Setiap Hari Penting?

Apa sajakah pentingnya berjalan kaki setiap hari? Simak pembahasan berikut ini yang dilansir dari metrotvnews.com (Senin, 9/5/2016):

1. Tidak tergoda makanan manis
Sebelum Anda memutuskan untuk mengemil, cobalah berjalan kaki selama 15 menit. Hal tersebut akan membantu mengurangi keinginan untuk mengemil. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE, keinginan tersebut berkurang karena adanya distraksi perilaku dan naiknya gula darah karena berjalan.

2. Menjadi lebih senang
“Bergerak membuat produksi hormon yang membuat merasa lebih baik seperti serotonin dan dopamin meningkat, sehingga suasana hati pun meningkat,” ujar Lona Sandon, RD, instruktur fitness bersertifikat dan asisten profesir di klinik nutrisi University of Texas Southwestern di Dallas.

Untuk keuntungan yang lebih besar, cobalah berjalan di alam. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the NAtional Academy of Sciences menemukan bahwa mereka yang berjalan di alam merasa lebih bahagia setelahnya daripada mereka yang berjalan di lingkungan perkotaan. Cara lain yang membuat suasana hati semakin baik adalah dengan berjalan dengan sedikit lompatan dan mengayunkan tangan.

3. Memompa kreativitas
Sebuah studi di Stanford University mengungkapkan bahwa orang yang menjawab pertanyaan presentasi sambil berjalan 60 persen lebih responsif daripada mereka yang menjawab sambil duduk.

4. Meningkatkan energi
Berjalan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh sehingga membuat perasaan gembira. Selain itu, penelitian dari University of Georgia menunjukkan bahwa berjalan selama 20 menit dapat mengurangi kelelahan sebesar 65 persen. Penelitian lain mengungkapkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan energi hingga dua jam.

5. Lebih tahan kuman
“Olahraga ringan seperti berjalan dapat meningkatkan respons imunitas,” ujar David Nieman, direktur laboratorium kinerja manusia di Appalachian State Univesity do Boone, NC.

Jika Anda berjalan setidaknya 4 empat kali seminggu, memiliki kebalan tubuh dua kali lipat dari orang yang hanya duduk seharian.

6. Lebih produktif
Para ilmuwan di Australia dan Inggris menemukan bahwa berjalan selama 30 menit di jam makan siang membantu mengurangi kelesuan di siang hari. Hal itu dikarenakan berjalan membuat lebih santai dan antusias, serta mengurangi ketegangan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sebelum Memulai Aktivitas, Lakukan 6 Peregangan Ini

Sebelum Memulai Aktivitas, Lakukan 6 Peregangan Ini

Jakarta – Peregangan tidak hanya dilakukan sesaat sebelum olahraga, tetapi sebaiknya juga dilakukan pada pagi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis