Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 9 Bahan Alami untuk Sembuhkan Sakit Pada Telinga

9 Bahan Alami untuk Sembuhkan Sakit Pada Telinga

Jakarta – Sakit di area telinga adalah masalah kesehatan yang dapat dialami segala jenis umur, baik anak-anak maupun orang dewasa.

9 Bahan Alami untuk Sembuhkan Sakit Pada Telinga

Beberapa gejala yang dihasilkan adalah sakit pada bagian saluran telinga, gatal, telinga berdengung, telinga bengkak, hingga keluar cairan dari dalam.

Guna mengatasinya, ada 9 bahan alami yang bisa Anda gunakan. Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Senin, 9/5/2016):

1. Daun kemangi
Tanaman ini mengandung beta-karotin, vitamin C, eugenol, borneol yang berperan sebagai antibakteri dan antiseptik. Teteskan dua tetes sari daun kemangi ke dalam telinga.

2. Bawang putih
Bawang putih kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan antibakteri yang membantu mengobati sakit telinga. Rebuslah 3-4 bawang putih dan tambahkan sedikit garam. Kompreslah telinga yang gatal dengan rebusan tersebut.

3. Minyak sawi
Kandungan antibakteri dalam minyak sawi dapat mengurangi rasa sakit pada telinga. Teteskan 2-3 tetes minyak sawi hangat pada telinga yang mengalami infeksi.

4. Kompres dengan air hangat
Kompreslah bagian sekitar telinga selama kurang lebih 20 menit dengan handuk basah hangat.

5. Minyak kayu putih, obat batuk, dan air
Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dan beberapa sendok teh obat batuk ke dalam semamngkuk air. Hirup bau campuran ketiga bahan tersebut hingga luka membaik. Hal tersebut juga dapat mengurangi tekanan dan membantu mengeluarkan semua cairan dalam telinga.

6. Ekstrak sari bawang
Celupkan cairan ini pada pembersih telinga kemudian masukkan ke dalam telinga untuk mengurangi radang dan menghilangkan bakteri penyebab gatal kemerahan, dan gatal pada telinga.

7. Makanan kaya vitamin C
Lemon, jeruk, jambu biji, stroberi, pepaya dan kacang mete adalah jenis makanan yangkaya akan citamin C dan seng yang memapu mengurangi sakit telinga.

8. Permen karet
Mengunyah permen selama berada dalam pesawat adalah salah satu strategi jitu untuk menghilangkan tekanan pada telinga tersumbat.

9. Minyak mineral
Saat berenang, sering kali orang mengalami sakit telinga dan kemerahan. Untuk mencegahnya, teteskan beberapa tetes minyak mineral sebelum berenang. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...