Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 13 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok

13 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok

Jakarta – Kegiatan merokok sebenarnya memiliki manfaat negatif yang jauh lebih besar dari manfaat positif yang Anda rasakan. Setidaknya, 70 persen kematian diakibatkan oleh kanker paru-paru akibat merokok.

13 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok

Berhenti merokok pun menjadi salah satu komitmen yang harus dilakukan demi menghindari risiko terkena berbagai penyakit mematikan. Namun, hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan.

Berikut Harian Indo hadirkan 13 cara ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok seperti dilansir dari metrotvnews.com (Senin, 9/5/2016):

1. Minum dengan sedotan

Anda bisa menganggap sedotan sebagai rokok. Berdasarkan penelitian, aktivitas ini akan membantu otak dalam melepaskan dopamin, serta mengubah nuasa kimia dalam otak untuk meningkatkan suasana hati. Masih berdasarkan penelitian, mengonsumsi makanan ringan juga membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Namun, pilih makanan sehat dan berserat untuk menghindari kenaikan berat badan.

2. Buat catatan

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat pasca lepas dari jeratan rokok. Coba buat catatan tentang manfaat yang Anda dapatkan, misal, Anda dapat menghemat lebih banyak uang, Anda bisa menabung untuk membeli barang favorit Anda, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa menjadi motivasi yang menguatkan komitmen Anda untuk meninggalkan rokok.

3. Sering Menggosok gigi

Saat baru memutuskan berhenti merokok, Anda mungkin akan merasakan beberapa ketidaknyamanan di mulut. Menggosok gigi sesering mungkin menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi keasaman di mulutt.

4. Hindari alkohol

Mengonsumsi alkohol seringkali mengembalikan kebiasaan mengisap rokok. Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk meninggalkan rokok, ada baiknya Anda juga meninggalkan alkohol.

5. Hindari Smoking Area

Berada di smoking area acap kali membuat orang yang sedang berusaha berhenti merokok merasa tergoda lagi untuk menghisap tembakau. Ada baiknya pergi ke tempat yang bebas asap rokok, seperti perpustakaan atau bioskop. Untuk mengurangi keinginan merokok, cobalah membaca buku, menonton film untuk mengalihkan perhatian.

6. Ingat terus apa alasan Anda ingin berhenti merokok

Ketika keinginan untuk merokok itu muncul, coba ingat-ingat apa yang menjadi alasan Anda berhenti merokok, misal, Anda ingin berkumpul lebih lama bersama orang-orang yang Anda sayang. Untuk mewujudkannya, Anda harus sehat.

7. Aktif melakukan latihan fisik

Orang yang baru saja memutuskan berhenti merokok biasanya akan mengalami stres untuk beberapa waktu. Berolahraga menjadi cara terbaik untuk mengusir stres. Sebab, ketika tubuh aktif, maka tubuh secara otomatis akan mengirimkan senyawa kimia alami yang bisa merilekskan pikiran.

8. Buat rencana kegiatan

Satu bulan pertama meninggalkan kebiasaan merokok adalah fase paling berat. Karena itu, Anda disarankan untuk membuat rencana kegiatan yang dapat mengalihkan perhatian dari keinginan merokok.

9. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet menjadi salah satu cara yang direkomendasikan para ahli untuk orang yang sedang berusaha berheti merokok. Saat ini, ada banyak permen karet bebas gula yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kenaikan berat badan.

10. Cari dukungan

Dukungan sangat penting untuk Anda yang sedang berusaha melepaskan diri dari rokok. Ada baiknya masuk komunitas yang memiliki visi, misi dan masalah yang sama dengan Anda.

11. Kurangi kafein

Kebanyakan konsumsi kafein meningkatkan denyut jantung, dan risiko stres. Dalam hal ini, stres berkorelasi dengan keinginan seseorang untuk kembali menghisap rokoknya.

12. Jaga suasana hati

Suasana hati yang buruk, stres, dan kemarahan adalah hal yang memicu seseorang untuk kembali menghisap rokoknya. Hindari suasana hati negatif dengan melakoni hobi yang Anda sukai.

13. Sabar

Berhasil membebaskan rokok pada satu bulan pertama bukan jaminan Anda bisa lepas selama-lamanya. Ingat, godaan ada dimana saja, dan bisa kapan pun menghampiri Anda. Bersabar dan yakin bahwa meninggalkan rokok memang bukanlah hal yang mudah. Ingat terus komitmen Anda untuk hidup yang lebih sehat. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Sebabnya

Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Sebabnya

Jakarta – Memasuki awal bulan puasa seperti ini biasanya tubuh belum terbiasa sehingga terasa lemas, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis