Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 7 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

7 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

Jakarta – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan jika makanan tertentu dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

7 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

Saat ini, stres oksidatif atau banyaknya radikal bebas di dalam tubuh dapat memicu penurunan kemampuan kognitif seseorang. Berikut kami hadirkan jenis-jenis makanan yang membantu meningkatkan kemampuan kognitif seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016).

1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang mencegah menurunnya fungsi kognitif, terutama pada orang tua. Sumber makanan ini juga mengandung kolin yang membantu mempertajam ingatan.

Jika tidak suka biji bunga matahari, perbanyak makanan yang mengandung vitamin E, seperti alpukat, kacang almond, minyak sayur, sayuran berdaun hijau.

2. Beri

Beri mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan memori dan mempercepat proses belajar. Beri dipercaya dapat mencegah alzheimer dan demensia.

3. Tuna

Tuna mengandung asam docosahexaenoic (DHA), sejenis lemak omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan dan fungsi otak, serta membantu penundaan proses penuaan otak. Bagi ibu hamil, makanan laut membantu perkembangan otak anak dan meingkatkan intelejensia.

Penelitian menemukan, wanita usia subur yang mengonsumsi 2-3 porsi ikan per minggu memiliki anak dengan IQ lebih tinggi 2,6 poin dibanding anak lainnya.

4. Jus anggur Concord

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, efek kesehatan kognitif yang terkait dengan anggur Concord berhubungan dengan peningkatan fungsi kognitif.

5. Bayam

Berdasarkan penelitian yang dirilis Tufts University, bayam mengandung lutein antioksidan, yang membantu mengurangi risiko fungsi kognitif.

Penelitian lain menemukan, otak yang mengandung lutein memiliki kemampuan lebih baik dalam belajar.

Masih berdasarkan penelitian, Harvard Medical School juga merilis studi bahwa perempuan yang lebih sering mengonsumsi makanan berdaun hijau, seperti brokoli memiliki fase penurunan kognitif yang lebih lambat.

6. Bit

Studi yang dirilis West Lake University menemukan, buah penghasil nitrat alami ini sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga bagus meningkatkan kinerja mental.

Penelitian di Translational Science Center pun berpendapat sama. Berdasarkan data, buah ini baik dikonsumsi lansia untuk mencegah demensia.

7. Telur

Kuning telur adalah sumber utama kolin, neurotransmiter yang berperan penting dalam memicu kinerja memori jangka pendek. Konsumsilah 300 mg telur setiap hari, sesuai dengan aturan Dietary Guidelines for Americans (DGA). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kabar Gembira! Akan Segera Diluncurkan Obat Kanker Payudara Dengan Harga Murah

Kabar Gembira! Akan Segera Diluncurkan Obat Kanker Payudara Dengan Harga Murah

Jakarta ā€“ Kabar gembira bagi para pasien kanker payudara karena Bio Farma, salah satu badan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis