Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung

Jakarta – Mengonsumsi makanan terlalu cepat atau banyak bisa memicu perut kembung. Selain itu, beberapa jenis makanan juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung

Berikut 5 jenis makanan tersebut seperti yang disebutkan di buku The Bloat Cure karya gastroenterologis Dr Robynne Chutkan dan dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016):

1. Pemanis buatan

Bahan kimia satu ini tak bisa diserap oleh usus kecil dan berakhir di usus, tempat di mana seharusnya terfermentasi oleh bakteri. Akibatnya, akan keluar sebagai gas.

“Terlalu banyak gula membuat bakteri jahat dan ragi bercampur dalam makanan sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam microbiome,” kata Chutkan, seperti dilansir Foxnews.

Dia menyarankan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula kurang dari 5 gram dalam sekali makan.

2. Sayuran

Sayuran seperti kubis, kembang kol, kale, dan brokoli mengandung senyawa pelawan kanker yang ampuh. Tetapi mereka juga memiliki pati yang disebut raffinose dan sulit dicerna oleh tubuh. Saat berada dalam usus, makanan tersebut mengeluarkan gas metana.

Untuk menghindari kembung, konsumsi jenis ayuran lain. Chutkan menyaraankan minum jus lemon yang dapat merangsang enzim pencernaan.

3. NSAID

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) dapat membantu meringankan nyeri sendi. Namun obat ini juga menyebabkan retensi cairan pada usus.

“Jadi selain merasa kembung, obat itu dapat membuat Anda terlihat bengkak,” ujar Chutkan dalam bukunya.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba pereda nyeri yang tidak mengandung ibuprofen atau aspirin. Anda juga dapat mempertimbangkan teknik pikiran-tubuh (seperti akupunktur dan meditasi), dan mengadopsi diet anti-inflamasi.

4. Kedelai

Bagi mereka yang mengidap intoleransi laktosa, susu kedelai adalah pilihan tepat. Namun, ternyata makanan itu mengandung estrogen yang dapat membuat perut kembung.

Untuk itu, coba ganti susu kedelai dengan susu beras, susu rami, atau susu almond murni.

5. Minuman olahraga

Meskipun dapat menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan setelah berolahraga, pemanis buatan yang terdapat di dalamnya memicu kembung.

Sebagai ganti miuman olahraga, Anda bisa makan pisang bersama air untuk mengganti elektrolit tubuh yang terbuang. Bisa juga minum air kelapa atau sari lemon. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...