Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tidur Menyamping ke Kiri Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Ini Penyebabnya

Tidur Menyamping ke Kiri Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Ini Penyebabnya

Jakarta – Posisi tidur ternyat tidak sekedar membuat tidur lebih nyenyak, namun juga memengaruhi kesehatan.

Tidur Menyamping ke Kiri Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Ini Penyebabnya

Para ahli menyebutkan jika tidur dengan posisi menyamping ke kiri memiliki khasiat bagi kesehatan Anda. Berikut alasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016):

1. Memfasilitasi pengaliran limfatik

Sistem limfatik adalah bagian penting dari sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh yang berfungsi membawa getah bening ke jantung. SIstem ini juga membersihkan kotoran dan racun dalam tubuh. Sisi kiri tubuh adalah sisi yang dominan dalam sistem tersebut, dan tidur di menyamping ke kiri akan memfasilitasi pengaliran limfatik.

2. Jantung sehat

Dikutip Boldsky, tidur pada posisi menyamping kiri memberi beberapa tekanan pada jantung sebagai bentuk gravitasi yang membantu pengaliran limfatik dan sirkulasi aorta.

3. Mendukung fungsi limfa

Limfa yang terletak pada bagian kiri tubuh berperan dalam hal penyaringan darah. Dengan demikian, tidur menyimpang ke kiri akan membuat kerja limfa semakin efisien.

4. Meningkatkan fungsi pencernaan

Perut dan pankeras adalah dua organ tubuh yang berada di sebelah kiri tubuh. Oleh karena itu, orang yang menderita masalah pencernaan dianjurkan tidur menghadap kiri.

5. Mengurangi mulas

Beberapa studi menemukan bahwa tidur menyamping kiri dapat mengurangi gejala refluks asam. Jadi, jika Anda merasa mulas setelah makan, coba baringkan tubuh menghadap ke kiri. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Antibiotik Bisa Bunuh Bakteri Baik di Mata

Antibiotik Bisa Bunuh Bakteri Baik di Mata

Jakarta – Tubuh manusia dipenuhi dengan mikroba. Namun, tidak semua mikroba berdampk negatif pada tubuh. ...