Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Langkah-Langkah Sederhana Melepaskan Diri dari Stres

Langkah-Langkah Sederhana Melepaskan Diri dari Stres

Jakarta – Menumpuknya masalah di rumah, kantor, sekolah, dapat memicu stres. Stres pun bisa berlanjut ke depresi apabila tidak ditangani dengan baik.

Langkah-Langkah Sederhana Melepaskan Diri dari Stres

Manajemen emosi perlu Anda terapkan untuk mengurangi kadar stres. Berikut langkah-langkah sederhananya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016):

1. Membiarkannya

Tak jarang, dalam situasi tertentu, Anda merasa buntu dan merasa tak memiliki jalan keluar. Padahal, hidup tidak sesulit itu.

Jadi, saat Anda merasa tak bisa memecahkan masalah, biarkan saja waktu dan situasi berjalan apa adanya. Dengan demikian, pikiran akan tenang dan terbebas dari tekanan.

2. Tarik napas dalam-dalam

Jika Anda berada dalam situasi sulit, cobalah tarik napas dalam-dalam. Bayangkan segala pikiran negatif ikut keluar saat Anda menghembuskan napas.

3. Makan

Jika Anda sedang merasa tak bersemangat, coba konsumsi karbohidrat kompleks untuk meningkatkan suasana hati. Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, kentang, dan sereal membantu tubuh melepaskan hormon serotonin, penyebab stres.

4. Buat pencapaian kecil

Mencapai tujuan besar membutuhkan waktu yang lama. Tak jarang, seseorang stres saat berada dalam masa penantian. Karena itu, disarankan untuk tidak terlalu fokus pada pencapaian besar. Fokuslah pada pencapaian kecil, namun memberi banyak dampak positif.

5. Meditasi

Ini adalah salah satu jurus yang jitu untuk menenangkan pikiran dan melepaskan stres. Coba lakukan meditasi secara rutin setiap pagi. Meditasi dapat menghilangkan pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran positif.

6. Jangan terlalu berekspektasi

Tak ada yang sempurna di dunia ini, jadi jangan terlalu memaksakan. Menuntut diri Anda untuk menjadi sempurna hanya akan membuat diri sendiri sengsara.

7. Tidur nyenyak

Tidur adalah cara terbaik untuk melepaskan beban pikiran dan stres. Bangun tidur, tubuh akan terasa segar dan berenergi lagi. Hal tersebut menimbulkan rasa optimistis, bahwa Anda bisa menghadapi segala masalah. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ternyata Ini Akibatnya Bila Orang Dewasa Minum ASI Setiap Hari

Ternyata Ini Akibatnya Bila Orang Dewasa Minum ASI Setiap Hari

Jakarta – Air susu ibu (ASI) diketahui sangat bagus bagi pertumbuhan dan kekebalan seorang bayi. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis