Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 3 Alasan Anda Harus Menghela Napas

3 Alasan Anda Harus Menghela Napas

Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jack Feldman, profesor neurobilogi di UCLA, menyebutkan jika rata-rata orang mendesah atau menghela napas setiap lima menit sekali.

3 Alasan Anda Harus Menghela Napas

Feldman berpendapat, mendesah merupakan bagian penting dari menjaga fungsi paru-paru yang benar. Pakar lainnya mengatakan mendesah juga terkait dengan pengurangan stres, frustasi, kerinduan dan beberapa masalah emosi lainnya.

Berikut 3 alasan mengapa Anda harus tetap menghela napas menurut Feldman yang dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016):

Menghela napas membuat Anda tetap hidup

“Setiap hela napas dimulai dengan napas normal, kemudian Anda menambahkan napas lainnya. Dan saat Anda menjalani aktivitas harian, napas tersebut terjadi secara berkala,” ujarnya seperti dilansir Prevention.

Mengapa terjadi? paru-paru Anda dikemas dengan ratusan juta alveoli yang dijelaskan Feldman seperti balon kecil yang mengembang setiap kali Anda bernapas. Alveoli ini bertanggungjawab untuk memberikan oksigen pada darah Anda dimana jantung memompanya ke seluruh tubuh.

Menghela napas semakin sering saat Anda stres

Saat stres, tubuh dan otak dibanjiri banyak hormon dan bahan kimia lain yang membantu mempersiapkan Anda untuk melakukan sebuah tindakan. Menghela napas dapat membantu tubuh Anda melawan efek buruk dari ketidakmampuan mengontrol stres. Banyak penelitian menunjukkan, pernapasan dapat menangkal stres dan kecemasan. Jadi, menghela napas mungkin cara tubuh Anda untuk bisa tenang setelah panik ataupun emosi.

Menghela napas membantu Anda menata ulang emosi

Menarik napas telah lama dikaitkan dengan emosi tertentu yang terus bervariasi dari waktu ke waktu. Misalnya, menghela napas bisa menurunkan emosi, mengungkapkan rasa rindu, sedih hingga putus asa. (Yayan – www.harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis