Home > Teknologi > Sains > Berita Sains : NASA Temukan Oksigen Atomik di Mars dengan Teknologi SOFIA

Berita Sains : NASA Temukan Oksigen Atomik di Mars dengan Teknologi SOFIA

California – Para ilmuwan selalu menemukan hal baru di Mars. Yang terbaru, adanya oksigen atomik di Mars terdeteksi para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat NASA.

Berita Sains : NASA Temukan Oksigen Atomik di Mars dengan Teknologi SOFIA

Dalam penelitian, para peneliti NASA mendapati oksigen atomik berada di sekitar Planet Merah. Hal tersebut didapatkan setelah menggunakan Stratospheric Observatory fo Infrared Astronomy (SOFIA). Oksigen atom tersebut berada di bagian atas atmosfer Mars yang dikenal sebagai Mesosfer.

Sebagaimana diberitakan Express pada Rabu (11/5/2016), penemuan tersebut adalah terobosan besar bagi para astronom. Sebab, mereka bakal membaerikan penjabaran tentang bagaimana mengenali gas dan kemungkinan untuk membuka rumah baru bagi umat manusia. Karena itu, para ilmuwan berharap bisa menemukan lebih banyak oksigen.

”Oksigen Atomik di atmosfer Mars ini sangat sulit untuk diukur. Untuk mengamati panjang gelombang, diperlukan infrared untuk mendeteksi oksigen atom, peneliti harus berada di atas sebagian besar atmosfer Bumi dan menggunakan instrument yang sensifif, dalam hal ini spectrometer. SOFIA menyediakan kedua kemampuan itu,” kata ilmuwan proyek SOFIA.

Sebenarnya, SOFIA adalah pesawat raksasa dengan besar diameter 254 cm dengan teleskop di atasnya. Pesawat tersebut pun bisa melayang di atas atmosfer Bumi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Jakarta – Melakukan perjalan ke luar angkasa mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tak hanya ...