Home > Ragam Berita > Ekonomi > Menteri Thomas Menilai Mengerikan Jika Rupiah Bergerak Mendekati Rp 15 Ribu

Menteri Thomas Menilai Mengerikan Jika Rupiah Bergerak Mendekati Rp 15 Ribu

Jakarta – Pada tahun 2015 silam, kondisi ekonomi global yang melambat mau tak mau memengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya tumbuh 5,01 persen.

Menteri Thomas Menilai Mengerikan Jika Rupiah Bergerak Mendekati Rp 15 Ribu

Thomas Lembong selaku Menteri Perdagangan pun menuturkan jika penurunan kondisi perekonomian memang sudah terjadi sejak 2012, saat harga komoditas anjlok. Alhasil, setiap tahunnya ekonomi Indonesia pun mengalami perlambatan.

Lembong yang masuk menggantikan Menteri Perdagangan Rachmad Gobel direshuffle pertama pemerintah Presiden Joo Widodo (Jokowi), tidak menyangka nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada kuartal-III 2015 sempat medekati Rp 15.000 per USD.

“Saya yang baru menjabat 3 bulan, melihat itu sesuatu yang mengerikan,” ujar Lembong dalam acara Economic Outlook 2016 di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Meski demikian Lembong mengaku optimis di tahun 2016 ini kondisi perekonomian akan mengalami recovery.

“Saya lebih optimistis di 2016. Triwulan-I tahun ini, Rupiah mulai recover dan normal dan awal tahun kita punya kejutan, karena awalnya kita khawatir Rupiah melemah tapi ternyata tidak,” ujarnya.

“Kita harus sesuaikan ekonomi kita untuk bisa produksi barang dan jasa yang diminta. Kemarin-kemarin relatif pasif, duduk manis. Sekarang harus rajin keluar, mencari nasabah, apa yang mereka mau, itu salah satu perwujudan dunia,” ucapnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Dolar Melemah Konferensi Pers Presiden Trump

Dolar Melemah Konferensi Pers Presiden Trump

Washington – Kurs dolar Amerika Serikat (USD) dilaporkan terus mengalami pelemahan terhadap sebagian besar mata ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis