Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Internasional : AS Tolak Kerja Sama dengan Rusia untuk Cegah Perebutan Tadmur oleh ISIS

Berita Internasional : AS Tolak Kerja Sama dengan Rusia untuk Cegah Perebutan Tadmur oleh ISIS

Washington – Pemerintah AS tidak mau bekerja sama militer dengan Rusia. Sebelumnya, kerja sama tersebut bertujuan mencegah perbutan kembali kota Tadmur di Suriah oleh ISIS.

Berita Internasional : AS Tolak Kerja Sama dengan Rusia untuk Cegah Perebutan Tadmur oleh ISIS

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest pada Rabu (11/5/2016). ”Ada sejumlah konsultasi (mengenai gencatan senjata yang ditengahi AS-Rusia di Suriah), tetapi konsultasi ini berhenti pada segala bentuk kerja sama militer formal. Saya pikir ini tidak akan berubah,” kata Earnest ketika sebagaimana diberitakan Sputnik.

Pada 27 Maret, pasukan pemerintah Suriah yang didukungan Rusia berhasil mengusir ISIS dari kota kuno Tadmur. Sebab, militan tersebut telah menduduki sejak kota tersebut selama sepuluh bulan. Selain itu, ISIS pun telah menghancurkan bagian terpenting reruntuhan bersejarah di Tadmur. Bangunan tersebut sebenarnya adalah situs Warisan Dunia UNESCO.

Berdasar perkiraan awal, situs kuno di Tadmur 20 persen dihancurkan. Benda -benda bersejarah pun sudah dijarah dari museum. Karena itu, perbaikan kota tersebut diperkirakan berlangsung selama lima tahun. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua Setara Minta Jokowi Berhati-hati Pada Maunuver Panglima TNI

Ketua Setara Minta Jokowi Berhati-hati Pada Manuver Panglima TNI

Jakarta – Merebaknya isu mengenai pembelian 5.000 senjata yang disampaikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, ...