Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Jusuf Kalla Nilai Lagu Genjer-Genjer Bersifat Umum

Berita Terkini : Jusuf Kalla Nilai Lagu Genjer-Genjer Bersifat Umum

Jakarta – Beberapa waktu ini, isu bangkitnya PKI santer terdengar. Hal tersebut pun dikaitkan dengang lagu Genjer-Genjer. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun menanggapi hal tersebut.

Berita Terkini : Jusuf Kalla Nilai Lagu Genjer-Genjer Bersifat Umum

Menurut dia, Genjer-Genjer adalah lagu bersifat umum. Namun, ada kenangan tentang suasana kesedihan, terutama bagi TNI, saat pembantaian para jenderal 1965 terjadi.

”Khususnya, bagi TNI. Lagu ini sangat menyakitkan apabila diingat dalam sejarah G30S PKI itu yang sering kita baca atau tonton filmnya, saat pembantaian para jenderal kita diiringi lagu ini,” katanya di Jakarta pada Jumat (13/5/2016).

Wapres menilai, lagu tersebut bukanlah sesuatu yang berkaitan dengan komunisme tapi suasananya mengingatkan kembali orang-orang pada peristiwa tersebut yang menimbulkan kemarahan bersama.

Sebagaimana diketahui, beberapa akhir ini, atribut terkait dengan komunisme marak beredar. Dengan demikian, aparat hukum bakal menyita atribut tersebut di sejumlah daerah. Nah, hal tersebut pun mengakibatkan kekhawatiran kembalinya gerakan komunis di Tanah Air.

Untuk menanggapi hal tersebut, Wapres berpendapat munculnya hal-hal tersebut hanya dilakukan untuk menarik perhatian dan bukan sebagai ancaman.

”Saya tidak yakin kondisi hari ini akan ada paham komunis tumbuh di negara mana pun di dunia ini. Bahwa itu mungkin mereka buat isu saja atau untuk menarik perhatian, bisa saja,” katanya.

Selain itu, komunisme adalah paham yang terbukti gagal. Negara yang dulunya menganut paham komunis hampir semuanya berubah. Misalnya, Rusia, China, dan Eropa Timur. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...