Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terbaru : Ahok Bakal Restorasi Situs Bersejarah di Pasar Ikan dengan Gandeng Arkeolog

Berita Terbaru : Ahok Bakal Restorasi Situs Bersejarah di Pasar Ikan dengan Gandeng Arkeolog

Jakarta – Para arkeolog dilibatkan dalam restorasi kawasan Pasar Ikan di Jakarta Utara. Hal tersebut diinisiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berita Terbaru : Ahok Bakal Restorasi Situs Bersejarah di Pasar Ikan dengan Gandeng Arkeolog

”Kami melibatkan arkeolog dari Universitas Indonesia untuk merestorasi di kawasan Pasar Ikan. Prosesnya akan kami lakukan dengan hati-hati,” kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di balai kota, Jakarta Pusat, Jumat (13/5/2016).

Mnurut Ahok, beberapa situs bersejarah ditemukan selama proses penggalian. Semuanya pun bakal direstorasi sesuai dengan bentuk asli.

”Karena itu, supaya tidak sampai merusak struktur situs yang ditemukan, kami sudah menghimbau supaya penataannya senantiasa dilakukan dengan penuh kehati-hatian,” ujar Ahok.

Dia menjelaskan, dalam penggalian, beberapa situs bersejarah telah ditemukan. Antara lain benteng, pintu, serta jembatan. Semuanya pun sudah tertutup bangunan.

Rencananya, pemkot bakal melakukan penataan. Tujuannya, mengembalikan kawasan tersebut sama dengan waktu zaman Belanda. Sebelumnya, VOC Belanda menjadikan kawasan tersebut sebagai gudang.

”Makanya, kami mau minta bantuan dari para arkeolog untuk membantu merapikan kawasan Pasar Ikan itu. Kalau istilah yang kami pakai adalah restorasi,” ungkap Ahok.

Sementara itu, warga yang sebelumnya tinggal di permukiman tersebut telah direlokasi. Mereka dipindahkan ke sejumlah rumah susun (rusun). Yakni, Rusun Rawa Bebek dan Rusun Marunda. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Jakarta – Seorang anggota Kopassus dari Satuan 81 / Penanggulangan Teror yang bernama Sertu Wahyu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis