Home > Ragam Berita > Internasional > Lomba Kartun Anti-Israel, Mayoritas Peserta Cemooh Perdana Menteri

Lomba Kartun Anti-Israel, Mayoritas Peserta Cemooh Perdana Menteri

Teheran – Lomba kartun anti-Israel diselenggarakan di ibu kota Iran pada Sabtu (14/5/2016). Mayoritas peserta pun mencemooh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Sebab, kebijakannya dianggap tidak sesuai dengan Timur Tengah.

Lomba Kartun Anti-Israel, Mayoritas Peserta Cemooh Perdana Menteri

Sebagaimana diberitakan AFP pada Minggu (15/5/2016), kontes dengan 150 peserta dari 50 negara tersebut dilakukan sebelum peringatan nakba. Artinya, bencana dalam bahasa Arab dan pembentukan Israel pada 1948.

Selain itu, beberapa kartun tampak mengolok-olok Netanyahu. Salah satu gambar menggambarkan perdana menteri Israel itu adalah salah seorang anggota militan ISIS dan memegang pedang.

Di gambar lain, tegambar peta Timur tengah dengan peti mati. Isinya adalah jasad warga Palestina bertulisan Holocaust yang kini menjadi wilayah Israel.

”Tidak bermaksud untuk menegaskan atau menyangkal Holocaust,” ujar panitia Massoud Shojaie Tabatabaie.

Dia menjelaskan, pameran itu adalah bantahan terhadap kartun yang melukiskan Nabi Muhammad yang dibikin majalah mingguan satire Prancis, Charlie Hebdo.

Sementara itu, pemenang berhak memperoleh hadiah USD 12 ribu dolar Amerika (setara dengan Rp 159,8 juta). (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Israel Semena-mena Usir Muslim Palestina Yang Sedang Salat

Polisi Israel Semena-mena Usir Muslim Palestina Yang Sedang Salat

Yerusalem – Baru-baru ini, dilaporkan ada tiga orang jemaah yang tewas dan seratusan lainnya menderita ...