Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terbaru : Dosen Ilmu Politik Untirta Ini Sayangkan Pemusnahan Beberapa Buku Komunis

Berita Terbaru : Dosen Ilmu Politik Untirta Ini Sayangkan Pemusnahan Beberapa Buku Komunis

Serang – Beberapa waktu lalu, buku yang berisi tentang komunis dimusnahkan. Nah, akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten Leo Agustino angkat bicara. Dia menilai aksi yang dilakukan aparat di beberapa daerah adalag hal yang tidak masuk akal.

Berita Terbaru : Dosen Ilmu Politik Untirta Ini Sayangkan Pemusnahan Beberapa Buku Komunis

Leo menjelaskan, meski Indonesia memiliki catatan buruk dengan komunis, memberangus buku ”kiri” tetap tidak bisa dibenarkan. ”Pelarangan buku ”kiri” justru menenggelamkan logika keterbukaan era reformasi,” tuturnya pada Senin (15/5/2016).

Selain itu, dia menyesalkan tindakan aparat yang sembrono saat menarik buku-buku berbau komunis. Seharusnya, pertimbangan akademik harus dilakukan untuk menilai baik buruknya sebuah ideologi.

”Baik buruknya sebuah paham seharusnya dibincangkan dalam nalar akademik yang jernih dan tenang bukan dengan perasaan panas,” tegasnya.
Dosen ilmu politik itu menjelaskan, diduga kuat, ada upaya untuk menggagalkan rekonsiliasi kasus 1965. Hal tersebut dilakukan para penyintas dan pemerintah beberapa waktu lalu.

”Pada saat itu, banyak individual yang memghendaki keterbukaan kasus tersebut. Sayangnya, respon pemerintah terlalu berlebihan sehingga beberapa aktivis dan akademisi menganggapnya sebagai kembalinya sikap otokritik Pemerintah Orde Baru,” ucapnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Sita Dokumen saat Geledah Kantor Tersangka BLBI

KPK Sita Dokumen saat Geledah Kantor Tersangka BLBI

Jakarta – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah dua lokasi terkait kasus dugaan korupsi ...