Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : AS Kuasai Okinawa dan Bawa Masuk Nuklir ke Jepang

Berita Internasional : AS Kuasai Okinawa dan Bawa Masuk Nuklir ke Jepang

Okinawa โ€“ Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) telah melakukan publikasi dokumen. Isinya adalah perjanjian rahasia AS dan Pemerintah Jepang terkait dengan senjata nuklir.

Berita Internasional : AS Kuasai Okinawa dan Bawa Masuk Nuklir ke Jepang

Berdasar informasi, dokumen tersebut menunjukkan bahwa AS diberi hak untuk membawa senjata nuklir ke Prefektur Okinawa. Nah, hal tersebut dinilai kontroversial. Sebab, pada perjanjian pada 1971, Okinawa diserahkan sepenuhnya kepada Jepang (pasca-Perang Dunia II, sebelumnya Okinawa dimiliki AS).

Dokumen tersebut pun menunjukkan bahwa AS bisa kembali menguasai prefektur Okinawa sabagai basis militer dan nuklir. Di dokumen itu, ada catatan rangkaian kejadian pada 1969โ€“1973. Saat itu, Menteri Pertahanan AS dijabat Melvin Laird.

Sebagaimana diberitakan NHK pada Senin (16/5/2016), secara lengkap, isi dokumen tersebut adalah AS dapat kembali mengontrol Okinawa meski ada larangan masuknya nuklir di Jepang. Namun, di masa krisis, hak untuk mengembalikan senjata nuklir tersebut diperbolehkan.
Saat ini, komite telah dibentuk pemerintah Jepang. Tujuannya, menginvestigasi perjanjian tersebut. (Tita Yanuantari โ€“ harianindo.com)

x

Check Also

Abedrabbo Mansour Terancam Hukuman Mati

Abedrabbo Mansour Terancam Hukuman Mati

Sanaa โ€“ Pengadilan di Yaman menjatuhkan hukuman mati terhadap Presiden Abedrabbo Mansour Hadi yang didakwa ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis