Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : AS Kuasai Okinawa dan Bawa Masuk Nuklir ke Jepang

Berita Internasional : AS Kuasai Okinawa dan Bawa Masuk Nuklir ke Jepang

Okinawa – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) telah melakukan publikasi dokumen. Isinya adalah perjanjian rahasia AS dan Pemerintah Jepang terkait dengan senjata nuklir.

Berita Internasional : AS Kuasai Okinawa dan Bawa Masuk Nuklir ke Jepang

Berdasar informasi, dokumen tersebut menunjukkan bahwa AS diberi hak untuk membawa senjata nuklir ke Prefektur Okinawa. Nah, hal tersebut dinilai kontroversial. Sebab, pada perjanjian pada 1971, Okinawa diserahkan sepenuhnya kepada Jepang (pasca-Perang Dunia II, sebelumnya Okinawa dimiliki AS).

Dokumen tersebut pun menunjukkan bahwa AS bisa kembali menguasai prefektur Okinawa sabagai basis militer dan nuklir. Di dokumen itu, ada catatan rangkaian kejadian pada 1969–1973. Saat itu, Menteri Pertahanan AS dijabat Melvin Laird.

Sebagaimana diberitakan NHK pada Senin (16/5/2016), secara lengkap, isi dokumen tersebut adalah AS dapat kembali mengontrol Okinawa meski ada larangan masuknya nuklir di Jepang. Namun, di masa krisis, hak untuk mengembalikan senjata nuklir tersebut diperbolehkan.
Saat ini, komite telah dibentuk pemerintah Jepang. Tujuannya, menginvestigasi perjanjian tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Partai Komunis Cina Ancam Anggotanya Yang Nekat Memeluk Agama

Partai Komunis Cina Ancam Anggotanya Yang Nekat Memeluk Agama

Beijing – Partai Komunis Cina melarang para anggotanya untuk memeluk agama apapun. Apabila ketahuan memeluk ...